Tak Kenal Lelah Bersihkan Sampah

Tak Kenal Lelah Bersihkan Sampah

SAMPAH menjadi bagian dari keseharian masyarakat. menumbuhkan budaya tidak membuang sampah sembarangan, masih perlu dilakukan di Kota Cirebon. Karena itu, butuh langkah tegas untuk mewujudkan Cirebon Bersih. Dalam hal ini, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cirebon menggelar Operasi Penanganan Sampah (OPS) dan membentuk Tim Sapu Jagat.

Kepala DLH Kota Cirebon Kadini SSos mengatakan, sampah memiliki dua makna. Masalah dan rupiah. Saat membuang sampah sembarangan, timbul beragam masalah. Mulai dari kesehatan lingkungan, keindahan kota, hingga banjir yang melanda karena aliran air tersumbat sampah. Namun, kata Kadini, sampah dapat pula menjadi bernilai ekonomis yang menghasilkan rupiah. “Program bank sampah terus berjalan,” ucapnya.

Untuk lebih menjaga kebersihan Kota Cirebon dari sampah liar, DLH bersama SKPD terkait, rutin melakukan OPS saat malam hingga pagi hari. Hal ini bagian dari penerapan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 4 Tahun 2018 tentang Pengelolaan Sampah. Sanksi tegas diberikan kepada pembuang sampah sembarangan di tepi jalan protokol khususnya.

Disamping itu, lanjut Kadini, DLH membentuk Tim Sapu Jagat. Tugasnya membawa sampah di TPS liar yang tidak terangkut petugas rutin. “Tim Sapu Jagat bekerja sepanjang hari,” terangnya. Dengan demikian, DLH memiliki cara penanganan sampah tambahan. Selain pengangkutan rutin dan mengelola Tempat Pembuangan Akhir (TPA), keberadaan OPS dan Tim Sapu Jagat sangat membantu kinerja DLH dalam mewujudkan Cirebon Bersih. (ysf)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: