Keraton Kasepuhan Bakal Punya 4 Sultan, Pengeran Heru Arianatareja Siap Dinobatkan

Keraton Kasepuhan Bakal Punya 4 Sultan, Pengeran Heru Arianatareja Siap Dinobatkan

CIREBON - Meski di Keraton Kasepuhan sudah ada tiga orang yang menobatkan dirinya sebagai Sultan, namun jumlah sultan tersebut akan bertambah.

Kali ini yang bakal dinobatkan sebagai Sultan Sepuh Keraton Kasepuhan ke IV adalah Pangeran Heru Arianatareja atau dikenal sebagai Pangeran Kuda Putih.

Pangeran Heru Arianatareja dipercaya dinobatkan sebagai Sultan Sepuh Keraton Kasepuhan ke-4 oleh keluarga besar Santana Kesultanan Cirebon.

\"Menimbang kondisi dinamika Keraton Kasepuhan saat ini. Maka atas beberapa ketetapan dan keputusan para sesepuh, ulama dan sebagian dzuriah atau keturunan sunan gunung jati, Kami dari Santana Kesultanan Cirebon (SKC) mengangkat Pangeran Kuda Putih atau Pangeran Heru Arianatareja sebagai Sultan Keraton Kasepuhan bergelar Sultan Sepuh Arianatareja,\" ujar Raden Hamzaiya selaku Sekertaris Buhun Pemangku adat tertinggi Santana Kesultanan Cirebon kepada radarcirebon.com, Sabtu (18/12/2021).

Raden Hamzaiya menyebutkan, penobatan  Pangeran Kuda Putih akan dilaksanakan Senin (27/12/2021).

\"Pengukuhan atau deklarasinya di Pendopo Arya Kemuning Kantor Bupati Kuningan. Pendopo Arya kemuning merupakan peninggalan Pangeran Kuningan dan termasuk benda cagar budaya. Setelah deklarasi, dua hari kemudian kami laksanakan jumenangan di Keraton Kasepuhan dilanjut kita ke Banten untuk doa bersama,\" sebutnya.

Raden Hamzaiya menjelaskan, pengangkatan Pangeran Kuda Putih sebagai Sultan Sepuh Keraton Kasepuhan ke IV berdasarkan hasil musyawarah dan mufakat.

\"Santana Kesultanan Cirebon menetapkan Pangeran Kuda Puti berdasarkan hasil Musyawarah serta mufakat  atas berbagai pertimbangan serta pemikiran yang matang. Pangeran Kuda Putih atau Pangeran Heru Arianatareja sebagai Sultan Keraton Kasepuhan bergelar Sultan Sepuh Arianatareja,\" pungkasnya. (rdh)

Baca juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: