Ajak Cintai Lingkungan dengan Penanaman 1.000 Pohon Mangrove

Ajak Cintai Lingkungan dengan Penanaman 1.000 Pohon Mangrove

GRAHA Yatim dan Dhuafa atau GRAY ini merupakan lembaga atau yayasan sosial yang bergerak dalam program kesejahteraan anak-anak yatim dan dhu\'afa, memiliki 17 cabang asrama di berbagai provinsi di Indonesia diantaranya Jawa Barat, Jakarta, Jawa Timur dan Kalimantan Selatan.

Didirikan sejak 2009 yang berawal dari rasa simpati dari beberapa pendiri Yayasan Griya Yatim & Dhuafa yang melihat kondisi anak-anak ketika terpaksa harus putus sekolah atau bahkan tidak sekolah sama sekali karena harus bekerja untuk melanjutkan hidupnya di daerah sekitar. Maka dibentuklah lembaga sosial yang fokus pada masalah sosial khususnya anak-anak.

Yayasan Graha Yatim dan Dhuafa berisikan sekitar 147 anak. Dengan tujuan menyelenggarakan program asrama, menyelenggarakan program sekolah peduli, menyelenggarakan program santunan, menyelenggarakan program layanan kesehatan, dan menyelenggarakan program pemberdayaan yatim & dhuafa.

Sebagai Manager Departemen Pendidikan Yayasan ini, Ade Aat Safa\'at mengadakan acara Penanaman 1.000 Pohon Mangrove sebagai bentuk perayaan untuk Hari Menanam Pohon Nasiona sekaligus bentuk pendidikan untuk anak-anak asuh yayasan agar mencintai lingkungan. Seperti yang kita tahu di era globalisasi seperti sekarang banyak permasalahan yang terjadi pada alam kita. Mulai dari kekeringan, sampah di mana-mana, sampai limbah yang mencemari perairan. Oleh sebab itu, kita sebagai manusia yang beradab sudah seharusnya mulai sadar akan pentingnya menjaga kebersihan alam kita. Pohon Mangrove sendiri sangat bermanfaat untuk perairan laut kita.

Ade Aat Safa\'at menggelar acara Penanaman 1.000 Pohon Mangrove dilaksanakan di Desa Jadimulya Kecamatan Gunungjati, Kabupaten Cirebon tepatnya pada tanggal 28 November. Dengan bertujuan untuk melestarikan alam dan juga mendidik generasi muda khususnya para anak-anak GRAY agar mencintai dah ramah kepada lingkungan demi terjaganya ekosistem di bumi ini.

\"Tujuan saya mengadakan acara ini itu untuk melestarikan alam itu sendiri. Dan juga tentu untuk mendidik anak-anak kami khususnya para anak-anak Graha Yatim Dhuafa (GRAY) supaya mereka cinta dan ramah akan lingkungan,\" ucapnya.

Bukan hanya itu dengan acara tersebut GRAY juga sekaligus menggalang dana serta menyalurkan pendidikan khususnya bagi anak-anak hebat untuk membantu mereka ke depannya. Tentu saja dalam mempersiapkan untuk melakukan sesuatu pasti ada kesulitan yang dijumpai, meski tidak mempunyai anggota yang banyak namun dengan kerjasama team yang kompak mengatasi masalah tersebut pun menjadi mudah, seperti ucap beliau, \"Walaupun persiapan kami dalam waktu yang singkat, alhamdulillah karena dengan team yang saling melengkapi serta kerja sama yang kompak, sehingga semua masalah dapat diselesaikan dengan mudah,\".

Dan untuk ke depannya komunitas ini mengharapkan para generasi penerus bangsa agar sadar akan pentingnya melestarikan alam serta pentingnya peduli antarsesama, jika bukan generasi muda siapa lagi yang akan melanjutkan kebaikan ini, \"Harapan kami ya usaha kami tidak sia-sia dan tentunya kami berharap generasi seterusnya akan melanjutkan kegiatan ini, nanti kan kita juga yang merasakan efek positif dan negatifnya,\" tutupnya. (gebii/safna)

BACA JUGA:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: