Miris, Waduk Jatigede Dipenuhi Sampah, Terbawa dari Sungai Cimanuk

Miris, Waduk Jatigede Dipenuhi Sampah, Terbawa dari Sungai Cimanuk

SUMEDANG - Tumpukan sampah di Waduk Jatigede, Blok Jatibungur, Kabupaten Sumedang membuat miris. Hal ini tidak lepas dari kondisi Sungai Cimanuk.

Diperkirakan sampah tersebut terbawa dari aliran Sungai Cimanuk yang masuk ke Waduk Jatigede. Karenanya, diprediksi masalah sampah akan terus terjadi.

\"Ini kalau diangkut butuh 100 truk. Ini nggak bakal hilang, karena dari Sungai Cimanuk terbawa,\" kata Kepala UPTD Persampahan wilayah Jatigede, Edi.

Dikatakan dia, petugas seperti gali tutup lubang. Kalaupun berhasil dibersihkan dalam satu hari, keesokan harinya sampah bakal kembali menumpuk.

\"Harus ada upaya untuk menangani masalah di Sungai Cimanuk dan sungai kecil lainnya yang masuk ke sini,\" kata Edi, seperti dilansir Sumedang Ekspres (Group Radarcirebon.com), Selasa (21/12/2021).

Edi berharap, masalah sampah ini jadi pembahasan serius. Sebab, keberadaan Waduk Jatigede akan terancam dengan kehadiran sampah tersebut.

\"Jangan sampai nanti Waduk Jatigede malah identik sama sampah. Itu kan tidak baik. Jadi ini harus dibahas solusinya,\" katanya.

Edi menambahkan, untuk saat ini sampah akan dibuang ke areal yang memang masih wilayah genangan, rencananya sampah akan dikubur dalam lubang besar.

Warga setempat, Osin menyebutkan, tumpukan sampah tersebut baru terjadi tahun ini. Kemungkinan sampah berasal dari aliran air sungai Cimanuk.

Biasanya sampah tersebut numpuk di wilayah Wado, tapi karena air waduk belum maksimal, (masih surut), jadi sampahnya numpuk di Jatibungur. (eri/yud)

Baca juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: