Omicron Cepat Menyebar, Indonesia Tutup Pintu WNA Asal…

Omicron Cepat Menyebar, Indonesia Tutup Pintu WNA Asal…

JAKARTA – Indonesia menutup pintu bagi warga negara asing (WNA) asal Afrika Selatan, Botswana, Namibia, Zimbabwe, Leshoto, Mozambique, Eswatini, Malawi, Angola, Zambia, Inggris, Denmark dan Norwegia karena Omicron.

Kebijakan ini berlaku dengan tujuan untuk melindungi penduduk Indonesia dari penyebaran wabah virus Covid-19 varian Omicron. Pasalnya, wabah tersebut tengah merebak di dunia.

“Kami lakukan karena penularan Omicron sangat sudah sangat tinggi. Apalagi, UK (Inggris), Norwegia dan Denmark,” ujar Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan di Jakarta, Senin (20/12/2021).

Khusus untuk WNI yang pulang ke Indonesia dan memiliki riwayat perjalanan dari negara-negara tersebut, harus menjalani karantina selama 14 hari.

“Ada pun masa karantina bagi WNA dan WNI pelaku perjalanan dari negara-negara di luar negara yang tidak boleh masuk, ditetapkan selama 10 hari,” jelas Luhut.

Saat ini, pemerintah akan terus memantau perkembangan setiap minggu. Apalagi, menjelang dan saat libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022.  “Kalau banyak negara lain yang penularannya makin parah, kita juga akan menyesuaikan,” imbuhnya.

Sejauh ini, ungkap Luhut, masih banyak hal yang belum diketahui soal Omicron. Penelitian yang ada menunjukkan varian tersebut menyebar lebih cepat. Meski kemungkinan lebih ringan, namun tetap berisiko meningkatkan perawatan rumah sakit. “Hal ini terjadi di Inggris,”pungkasnya. (jun)

Baca juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: