Peresmian Kampung KB Kamboja RW 10 Suket Duwur Sukses

Peresmian Kampung KB Kamboja RW 10 Suket Duwur Sukses

CIREBON - Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlidungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3APPKB) Kota Cirebon meresmikan Kampung KB Kamboja, di RW 10 Suket Duwur, Kelurahan Kalijaga, Kecamatan Harjamukti, kemarin (20/12). Hadir langsung meresmikan, Kepala DP3APPKB Kota Cirebon Suwarso Budi Winarno dan Camat Harjamukti R Yuki Maulana.

Budi mengatakan, Kampung KB merupakan satuan wilayah setingkat desa. Di mana, terdapat integrasi dan konvergensi penyelenggaraan pemberdayaan dan penguatan institusi keluarga dalam seluruh dimensi, guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia, keluarga dan masyarakat. Juga, dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia, serta mengoptimalkan penyelenggaraan pemberdayaan penguatan institusi keluarga, maka perlu didorong penyelenggaraan Kampung KB berkualitas di setiap desa/kelurahan.

Kampung KB, kata Budi, mempunyai kerangka konsep, bahwa, data merupakan sumber utama untuk memetakan kondisi wilayah. Hal itu berdasarkan pemetaan pra kondisi masyarakat, tenaga penggerak, serta Kampung KB, untuk terlibat aktif dalam pelaksanaan delapan pendekatan program yang bertujuan untuk mencapai keluarga berkualitas.

Menurut Budi, Kampung KB bertujuan meningkatkan kualitas hidup masyarakat dengan pendekatan lokus. Yaitu, kampung atau nama lainnya yang disetarakan. Melalui sinergitas Bangga Kencana dengan program pembangunan di sektor lain, dalam rangka mewujudkan keluarga kecil yang berkualitas.

Budi menjelaskan, program Bangga Kencana bertujuan mewujudkan keluarga kecil bahagia, sejahtera, melalui pelaksanaan delapan fungsi keluarga. Yaitu fungsi keagamaan, sosial budaya, cinta kasih, perlindungan, reproduksi, sosialisasi dan pendidikan, ekonomi, serta fungsi pembinaan lingkungan. 

“Penerapan fungsi keluarga ini membantu mewujudkan keluarga lebih bahagia dan sejahtera. Terbebas dari kemiskinan, kebodohan dan keterbelakangan,” ujarnya.

Budi menjelaskan, peresmian Kampung KB merupakan bagian dari rangkaian Hari Ibu, yang akan ada Wisuda Sekoper Cinta, pengukuhan Kampung KB, dan pengukuhan pengurus PATBM (Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat).

Sementara itu, Yuki Maulana mengatakan, Kampung KB adalah satuan wilayah setingkat RW, dusun atau setara, yang memiliki kriteria tertentu. Di mana, terdapat keterpaduan proram kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga. Serta sektor terkait yang dilaksanakan secara sistemik dan sistematis.

Tujuannya, kata Yuki, meningkatkan kualitas hidup masyarakat di tingkat kampung atau yang setara melalui program kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga, serta sektor terkait dalam rangka mewujudkan keluarga kecil berkualitas. Meningkatkan peran pemerintah, pemerintah daerah, lembaga non pemerintah dan swasta dalam memfasilitasi, melakukan pendampingan dan pembinaan kepada masyarakat, agar turut berperan aktif dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat. “Terima kasih atas hadirnya Kampung KB Kamboja di RW 10 Suket Duwur,” ujarnya.

Menurut Yuki, kegiatan di Kampung KB ruang lingkupnya mulai dari kependudukan keluarga berencana dan kesehatan reproduksi,   ketahanan keluarga dan pemberdayaan keluarga, kegiatan lintas sektor (bidang pemukiman, sosial ekonomi, kesehatan, pendidikan, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak). (abd/adv)

BACA JUGA:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: