Kemenhub: Jalur Kereta Api yang Dibangun Capai 177,26 Km

Kemenhub: Jalur Kereta Api yang Dibangun Capai 177,26 Km

DIREKTORAT Jenderal Kereta Api (DJKA) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tercatat, telah membangun sekitar 177,26 kilometer (km) jalur kereta api di seluruh Indonesia.

Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub Zulfikri mengatakan, dari jumlah tersebut, 49,60 km sudah selesai pada 2021, sementara sisanya sepanjang 127,66 Km masih dalam proses.

“Penyelesaian jalur elektrifikasi sepanjang 62,8 km lintas Jogja-Solo di awal tahun adalah bentuk peningkatan pelayanan dengan dioperasikannya KRL Jogja-Solo sebagai KRL pertama di luar Jabodetabek,” kata Zulfikri dalam keterangannya, Kamis (23/12/2021).

Selain itu, kata Zulfikri, DJKA juga telah mengoperasikan jalur ganda layang KA Yogyakarta International Airport sepanjang 5,4 km.

“Keberadaan infrastruktur ini untuk memudahkan akses dari dan menuju ke Bandara sekaligus menciptakan sistem transportasi yang lebih terintegrasi,” ujarnya.

Jalur-jalur lain yang dibangun oleh DJKA di tahun 2021 antara lain yaitu, jalur ganda KA Bogor-Sukabumi, jalur ganda KA Gedebage-Haurpugur, jalur ganda KA Mojokerto-Sepanjang, jalur KA Elevated Solo Balapan-Kadipiro.

“Selain di Pulau Jawa, kami juga membangun jalur KA Krueng Geukeuh-Paloh dan jalur KA Besitang-Langsa di Pulau Sumatera, serta pembangunan jalur KA Makassar-Parepare di Pulau Sulawesi,” tuturnya.

“Lebih dari 2.000 bangunan di wilayah Kabupaten dan Kota Bogor, bakal tergusur proyek pembangunan double track atau jalur rel ganda kereta api (KA) Bogor-Sukabumi,” imbuhnya.

Selama 2021, lanjut Zulfikri, DJKA telah meningkatkan jalur KA sepanjang 144,03 Km, di mana sepanjang 86,83 Km diantaranya sudah selesai dan sepanjang 57,20 Km masih berjalan.

“Kami juga melakukan perawatan jalur KA sepanjang 192,92 Km di Jawa dan Sumatera untuk memastikan keseluruhan jalur kereta api yang aktif dapat dioperasikan dengan aman dan mengedepankan aspek keselamatan,” pungkasnya. (fin)

BACA JUGA:

·  Tol Cisumdawu Batal Beroperasi untuk Nataru, Ada Masalah Longsor di 2 Tempat, Sabar Tunggu Lebaran 2022

·  Tol Cisumdawu Ditarget Selesai Awal Tahun 2022, Bandara Kertajati Bakal Hidup Lagi

·  Nikita Mirzani Diajak Ziarah ke Makam Sunan Gunung Jati, Tahlilnya Lancar, Ternyata Lulusan Pesantren

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: