1,1 Juta Guru Ikut Program Guru Belajar dan Berbagi

1,1 Juta Guru Ikut Program Guru Belajar dan Berbagi

DIRJEN Guru Tenaga Kependidikan (GTK) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Iwan Syahril menyebutkan, jumlah guru yang ikut dalam program Guru Belajar dan Berbagi saat ini mencapai satu juta lebih. “Lebih dari 1,1 juta guru tergabung, bahkan 40 persen guru di antaranya guru dari daerah Tertinggal, Terluar dan Terdepan (3T),” kata Iwan, Kamis (23/12/2021).

Iwan menuturkan, banyaknya guru yang terlibat itu adalah bukti jika guru masih ingin memberikan yang terbaik bagi peserta didik.

“Guru menunjukkan semangat dan kemauan besarnya untuk terus belajar dan mengajar di tengah pandemi,” ujarnya.

Terkait seri baru yang diluncurkan, Iwan berharap, para guru paham mengenai perkembangan otak anak dan cara mengatasi stunting. Guru akan diarahkan untuk membentuk fondasi kecerdasan anak di usia nol sampai lima tahun.

“Kita akan mulai bagaimana membangun pondasi masa depan anak, membentuk modal untuk mencapai tingkat kecerdasan anak, kecerdasan otak yang maksimal dalam koordinasi, ekspresi gerakan, keputusan, sosial dan emosional,” tuturnya.

Selain itu, lanjut Ian, guru juga harus paham seperti apa pembentukan gizi yang tepat bagi anak. Hal itu guna memaksimalkan perkembangan anak.

“Kekurangan gizi dan terhambatnya pertumbuhan anak adalah sesuatu yang harus kita hindari lewat pelatihan ini,” pungkasnya.

Dapat keketahui, Kemendikbudristek meluncurkan program Guru Belajar dan Berbagi sebagai wadah bagi para guru untuk membagikan berbagai praktik baik pembelajaran. Dalam program tersebut, pihak Kemendikbudristek turut memberikan pelatihan dan seminar bagi para guru untuk menunjang aktivitas mengajar mereka.

Terdapat berbagai seri dari program tersebut. Terbaru, adanya seri guru belajar dan berbagi Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) teknis perkembangan otak anak dan Diklat teknis percepatan penurunan stunting. (fin)

BACA JUGA:

·  Premium Dihapus, setelah Itu Pertalite Menyusul, Semua Ganti ke Pertamax

·  Pengumuman CPNS 2021, Awas Jangan sampai Terlewat, Hari Ini sampai Besok

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: