Tradisi Unik Perayaan Natal dari Berbagai Belahan Dunia

Tradisi Unik Perayaan Natal dari Berbagai Belahan Dunia

PERAYAAN Natal di setiap negara di berbagai belahan dunia umumnya sama. Yakni menikmati salju, jalan-jalan di musim dingin, dan diisi berbagai macam hadiah.

Namun, setiap negara ternyata mempunyai tradisi unik masing-masing saat merayakan Natal. Apa Saja?

Filipina

Musim Natal di Filipina dimulai lebih awal dan berakhir lebih lambat dari negara-negara lain, yakni mulai September hingga Januari. Bahkan, toko-toko mulai memajang dekorasi Natal sejak Agustus. Dengan demikian, Filipina melakukan perayaan Natal terpanjang di dunia.

Pada minggu kedua Desember, terdapat sebuah tradisi yang telah lama diwariskan dari generasi ke generasi, yaitu perayaan Festival Lampion Raksasa di kota Pampanga yang terletak di utara Manila. Perajin lokal menampilkan keahlian mereka dalam merancang lampion raksasa.

Austria

Di Austria, bukan Sinterklas yang membawa hadiah Natal melainkan Christkind atau Anak Kristus. Anak-anak di beberapa daerah di negara ini melemparkan surat Natal ke perapian untuk mewujudkan keinginan mereka.

St. Nicholas yang ramah dan teman jahatnya, Krampus, akan datang ke rumah untuk memberikan hadiah berupa permen, kacang-kacangan, dan apel kepada anak yang berperilaku baik dan memberikan nasehat untuk anak-anak nakal.

5 Desember merupakan Hari Krampus, di mana orang-orang berdandan menggunakan kostum yang menakutkan yang terbuat dari kulit domba, memakai topeng dengan tanduk kambing.

Swedia

Setiap Natal di kota Gävle, Swedia, orang-orang mendirikan Gävle Goat atau Kambing Gävle, patung kambing raksasa yang terbuat dari jerami.

Kisah Gävle Goat dimulai pada 1966 ketika muncul ide untuk merancang kambing jerami raksasa dengan tujuan untuk menarik pelanggan ke toko-toko dan restoran di kota bagian selatan. Kambing besar itu ditempatkan di Castle Square di Gävle.

Sejak itu, Gävle Goat telah menjadi simbol Natal yang ditempatkan di tempat yang sama setiap tahunnya dan berhasil masuk ke Guinness Book of Records pada 1985 sebagai kambing jerami terbesar di dunia.

Islandia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: