Stok Bahan Pangan di Garut Aman

Stok Bahan Pangan di Garut Aman

GARUT – Jelang tahun baru yang sebentar lagi kita rayakan, pihak Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Garut melalui Kepala Bidang (Kabid) Perdagangan Heri Gunawan Saputra menjelaskan bahwa stok bahan pangan di pasar dan minimarket aman pada saat diwawancarai beberapa waktu yang lalu.

Heri Gunawan Saputra berkata meskipun stok bahan pangan aman dan cukup di pasaran dan minimarket di kabupaten garut. Namun, ada kenaikan harga di beberapa komoditi.

“Yang sudah lama terjadi kenaikan di minyak goreng, lalu disusul oleh telur, terus cabai,” kata Heri saat diwawancarai beberapa waktu lalu di Halaman Lapangan Setda Kabupaten Garut.

Dia berkata, di pasaran harga minyak, telur, dan cabai dikeluhkan oleh beberapa pihak karena tingginya harga. Namun, selain dari tiga komoditi ini harga dipasaran relatif normal.

Dia menjelaskan bahwa harga telur yang naik di pasaran ini diakibatkan dari pakan jagung untuk ayam petelur yang berkurang sehingga mengakibatkan produksi telur berkurang.

Sedangkan, untuk melambungnya harga minyak disebabkan oleh kurangnya stok sawit baik di dalam maupun di luar negri yang mengakibatkan produksi minyak berkurang. Dan, harga minyak ini menjadi masalah nasional.

Sedangkan untuk cabai, dia menjelaskan bahwa cuaca yang berada di wilayah garut ini tidak mendukung untuk produksi cabai. Banyak cabai yang gagal panen akibat intensitas hujan yang tinggi.

“Di akhir tahun juga Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dicairkan, sehingga mempengaruhi juga kepada harga di pasar,” katanya.

Di kabupaten garut sendiri, ada ribuan KPM yang mendapatkan BNPT ini, sehingga supply and demand nya berkurang.

Untuk mengantisipasi ketiga komoditi harga yang tinggi, dia menjelaskan pihak Disperindag akan berkoordinasi dengan pihak – pihak terkait untuk melakukan operasi pasar.

“Kita masih membicarakan terkait dengan operasi pasar dengan pihak – pihak terkait,” katanya. (cat/ radargarut)

BACA JUGA:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: