Harry Saputra Gani: Saya Dukung Pembatasan Jam Operasional Saat Malam Tahun Baru, Tapi…

Harry Saputra Gani: Saya Dukung Pembatasan Jam Operasional Saat Malam Tahun Baru, Tapi…

CIREBON - Pemerintah Kota (Pemkot) Cirebon bersama dengan TNI/Polri terus melakukan upaya pencegahan Covid-19 terkait adanya pembatasan jam operasional pada malam pergantian tahun 2021 ke 2021, Jumar (31/12/2021) malam.

Namun rupannya hal itu mendapatkan tanggapan kritis dari Anggota Komisi I DPRD Kota Cirebon, Harry Saputra Gani. Harry mengkritisi terkait cara penindakan yang dilakukan pada malam pergantian tahun kepada para pedagang. Pasalnya tindakan yang dilakukan terkesan keras.

\"Saya menyetujui dan mendukung adanya jam operasional pada malam pergantian tahun. Namun, saya kurang setuju dengan cara penindakan dari teman-teman yang bertugas,\" tuturnya.

Pasalnya, Harry mendapatkan beberapa masukan dari masyarakat Kota Cirebon dan para pedagang yang sejak dua tahun pasca Pandemi Covid-19 mengalami banyak kesulitan.

\"Tindakan yang dilakukan semestinya bisa menunjukan rasa kemanusiaan. Mereka sudah sulit. Sehingga perlakuan juga harus diberikan secara humanis. Toh mereka mencari duit secara halal,\" terangnya.

Menurutnya, pedagang bukanlah pelaku kriminal. Bahkan sebagian dari mereka, mencari rejeki untuk menghidupi kebutuhannya. Seharusnya, kata Harry, tindakan diutamakan kepada penghimbauan agar tidak berkerumun.

\"Ini masukan saya terkait cara penanganan pada malam pergantian tahun terlalu keras.  Seharusnya lebih fleksibel, karena ada pedagang yang lebih dari jam 22.00 masih buka namun tidak menerima orderan, hanya menunggu pelanggan yang menyelesaikan makan,\" katanya.

Lebih lanjut, kata Harry, pihaknya mengharapkan agar pihak terkait bisa melakukan penindakan dengan cara yang lembut. \"Bagaimanapun juga kepolisian sebagai pengayom masyarakat,\" tambahnya.

Selain itu, sebagai Anggota DPRD Kota Cirebon, Harry meminta kepada pihak terkait untuk tidak tebang pilih atas perlakuan kepada para pedagang dimanapun mereka berjualan di Kota Cirebon. Sehingga, keadilan dapat tercipta.

\"Tidak hanya sebatas kewajiban. Kita ini sudah terpuruk dengan masa pandemi. Saya tahu melaksanakan tugas seperti apa, tapi harapan saya bisa adil. Mudah-mudahan bisa diperbaiki,\" tutup Harry. (jrl)

Baca juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: