Thailand Naikkan Kewaspadaan Nasional ke Level 4

Thailand Naikkan Kewaspadaan Nasional ke Level 4

KEMENTERIAN Kesehatan Masyarakat Thailand akhirnya menaikkan tingkat kewaspadaan Covid-19 nasional dari 3 menjadi 4 menyusul peningkatan pesat infeksi varian Omicron. Keputusan tersebut disampaikan sekretaris tetap Kementerian Kesehatan Kiattiphum Wongrajit pada Kamis pagi (6/1) waktu setempat.

Dia mengatakan menaikkan peringatan ke level 4 termasuk mendorong orang untuk bekerja dari rumah, menangguhkan perjalanan, menutup area berisiko dan membatasi jumlah orang di pertemuan.

\"Kita melihat wabah yang cepat saat ini. Ada beberapa provinsi yang memiliki lebih dari satu kasus baru, termasuk 769 kasus di Chon Buri dan 454 di Bangkok. Jadi kita perlu menaikkan peringatan ke level 4,\" katanya di konferensi pers di Phuket, seperti dikutip dari Bangkok Post, Jumat (7/1).

Keputusan itu diambil setelah kasus baru melonjak menjadi 5.775 selama 24 jam dari 3.899 sehari sebelumnya.

Kiattiphum mengatakan pasien dengan gejala ringan harus diisolasi di rumah, untuk memungkinkan rumah sakit melayani pasien dengan kondisi yang lebih serius.

Di Bangkok, Opas Karnkawinpong, direktur jenderal Departemen Pengendalian Penyakit, mengatakan kasus baru dapat dengan cepat melampaui 10.000 sehari, berdasarkan peningkatan infeksi yang dilaporkan pada Kamis pagi.

\"Kita bisa memiliki lebih dari 10.000 infeksi baru (setiap hari) segera,\" katanya.

Dia juga sangat mendesak orang untuk menunda perjalanan yang tidak penting ke provinsi dan negara lain.

\"Transportasi umum harus dihindari untuk perjalanan antarprovinsi,\" kata Opas.

Opas juga memberikan pedoman baru bagi orang-orang untuk melindungi diri dari Covid-19, setelah tingkat kewaspadaan negara itu dinaikkan dari 3 menjadi 4.

Pedoman itu termasuk menghindari mengunjungi daerah yang berventilasi buruk dan padat, memakai masker pelindung, dan menahan diri dari makan dan minum di restoran dan tempat umum, serta menghindari pertemuan besar dan kegiatan terkait.

\"Pada hari Jumat, Pusat Administrasi Situasi Covid-19 (CCSA) akan membahas zona pengendalian Covid-19 dan tempat-tempat yang mungkin ditutup sementara,\" kata Opas.(rmol)

BACA JUGA:

·  Prihatin Atas Penangkapan Wali Kota Bekasi oleh KPK, Ridwan Kamil: Kami Pastikan Pelayanan Publik Tidak Terganggu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: