Burintik, Potensi Wisata di Conggeang

Burintik, Potensi Wisata di Conggeang

CONGGEANG - Burintik, merupakan sebuah nama perkampungan di Dusun Cibodas Desa Conggeang Kulon Kecamatan Conggeang.

Burintik sendiri mempunyai potensi wisata yang cukup potensial. Selain masih asri dan hijau dengan air sungai mengalir bening, perkampungan yang berada di Kaki Gunung Tampomas ini juga memiliki pemandangan yang cukup indah.

Ke arah utara, akan tampak wilayah Ujungjaya, Indramayu dan sekitarnya. Ke arah barat akan terlihat puncak Gunung Tampomas dan ke arah timur akan terlihat Gunung Ceremai.

Burintik juga yang berada di perbukitan, menjadi tempat olahraga beberapa warga di pagi hari. Jalan menanjak dengan rabat beton menjadi tempat lari atau jalan-jalan warga hingga memudahkan untuk berkeringat.

Disamping mempunyai pemandangan indah, di Burintik juga terdapat beberapa produk UMKM seperti opak, lenring, rangginang dan lainnya. UMKM itu sendiri menjadi mata pencaharian warga selain bertani.

Akses menuju Burintik sangatlah mudah. Berjarak kurang lebih 500 meteran meter dari jalan kabupaten ruas Legok Conggeang, bisa diakses dengan jalan kaki ataupun naik motor.

Seorang warga setempat, Oyo menyebutkan wilayah Burintik memiliki hawa cukup sejuk, sangat cocok untuk membuat villa atau tempat istirahat.

Selain itu, kata dia, disini juga terdapat juga Sungai Cianda yang cocok sebagai tempat wisata air.

\"Sungai itu sendiri hanya berjarak sekitar dua kilometer ke mata airnya. Sehingga, mengalir sangat bening,\" ujar Oyo saat berbincang dengan Sumeks, Selasa (11/1).

Dikatakan, bagi warga kota yang menginginkan istirahat di udara sejuk, Burintik dinilai sangat cocok. Lingkungan yang terdiri sawah dan kebun akan membuat warga dari kota merasa nyaman.

\"Namun semua itu dibutuhkan perencanaan dalam membangun dan menata, berikut juga modal. Saat ini belum ada yang tertarik,\" ujarnya.

Dia juga menyebutkan, warga di Burintik juga masih menjungjung tinggi budaya gotong royong. Masyarakat dalam melakukan pembangunan rumah warga lainnya, tidak perlu dikomando mereka akan serentak turut membantu.

\"Alhamdulillah, warga selalu kompak dalam melakukan kegiatan. Baik pemuda ataupun orang tua, mereka akan selalu bergotong royong. Seperti dalam pembuatan jalan,\" jelasnya.

Warga lainnya Cucu, merasa nyaman ketika berolahraga di Burintik. Setiap harinya, dirinya tiga kali naik turun dari Cibodas ke Burintik untuk hanya sekedar jalan kaki.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: