Bagi Wisatawan, Ini Rekomendasi 5 Menu Sarapan ala Cirebon

Bagi Wisatawan, Ini Rekomendasi 5 Menu Sarapan ala Cirebon

CIREBON terkenal dengan kulinernya yang tak bisa dihitung jari.   Tidak hanya tahu gejrot, kota udang ini juga menyimpan banyak menu lain yang perlu dicoba untuk sarapan sebelum memulai aktivitas atau bagi wisatawan yang sedang berada di Cirebon.

  1. SEGA JAMBLANG

Sega Jamblang (Nasi Jamblang) adalah makanan khas dari Cirebon, Jawa Barat. Nama Jamblang berasal dari nama daerah di sebelah barat Kabupaten Cirebon tempat asal pedagang makanan tersebut. Ciri khas makanan ini adalah penggunaan daun jati sebagai bungkus nasi. Penyajian makanannya pun bersifat prasmanan.

Menu yang tersedia biasanya antara lain sambal goreng, tahu sayur, paru-paru (pusu), semur hati atau daging, perkedel, sate kentang, telur dadar/telur goreng, telur masak sambal goreng, semur ikan, ikan asin, tahu dan tempe.

Namun salah satu menu yang menjadi ikon dari sega jamblang adalah balakutak hideung, yaitu cumi-cumi atau sotong berkuah kental yang dimasak bersama dengan tintanya sehingga berwarna hitam seperti rawon.

2. NASI LENGKO

Di Cirebon,  tidak hanya akan menemukan nasi kuning dan uduk saja. Di waktu sarapan, banyak dari warganya yang menjajakan nasi lengko. Proses pembuatannya sangat mudah. Bahan yang dipakai pun seluruhnya mengandung protein nabati. Cocok bagi kamu yang vegetarian.

Nasi putih diberi potongan dadu tahu, tempe, dan mentimun. Tidak lupa untuk taburkan tauge serta daun kucai. Lalu, siram dengan sambal kacang dan beri sedikit kecap. Nasi lengko terasa lebih nikmat jika ditambahkan bawang goreng, sambal, dan juga kerupuk.  

3. BUBUR SOP AYAM

Bubur ini merupakan kuliner khas Cirebon. Bedanya, bubur sop menggunakan kuah kaldu dan kedelai. Lalu, tidak hanya ayam dan kacang. Bahan pelengkap lain seperti bihun, tomat dan kol juga ditambahkan.

Selain sedap, bubur sop ayam juga dipercaya dapat membuat tubuh lebih fit. Banyak warganya yang menyantap ini untuk sarapan saat imun tengah lemah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: