Istri Prabu Siliwangi 151 Wanita, Tapi Hanya Tiga yang Dikenal

Istri Prabu Siliwangi 151 Wanita, Tapi Hanya Tiga yang Dikenal

Radarcirebon.com - Istri Prabu Siliwangi berdasarkan sejumlah sejumber disebutkan ada 151 wanita. Namun, hanya tiga yang dikenal.

Prabu Siliwangi atau Sri Baduga Magaraja adalah Raja Pajajaran pada 1482 Masehi. Jumlah 151 wanita yang merupakan istrinya, ditemukan pada sumber sejarah berupa babad juga wawacan.

Dilansir dari Sejarah Kebudayaan Sunda, Nina Herlina Lubis, dari 151 istri tersebut, hanya tiga yang dikenal yakni Ambetkasih, Subang Larang, dan Kentring Manik.

Ambetkasih merupakan putri dari Raja Sindangkasih, sementara Subang Larang adalah putri Ki Gedeng Tapa dan Kentring Manik putri Susuk Tunggal, Raja Pakuan.

Pernikahan Prabu Siliwangi dengan para istrinya dilakukan saat dia menjadi raja dan melakukan kunjungan ke daerah di sekitar kekuasaannya.

Bahkan ketika menikah dengan Subang Larang, dikisahkan bahwa Prabu Siliwangi sempat masuk Islam. Namun kemudian kembali ke agamanya.

Prabu Siliwangi adalah pewaris takhta kerajaan Pajajaran dari Susuk Tunggal yang tidak lain adalah pamannya sendiri.

Di kepemimpinan Prabu Siliwangi, pusat kerajaan dipindahkan dari Kawali atau Ciamis ke Pakuan atau kini dikenal dengan Bogor.

Berita berlanjut di halaman berikutnya...

Baca juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: