4 Manfaat Propolis untuk Kesehatan Keluarga

4 Manfaat Propolis untuk Kesehatan Keluarga

PROPOLIS adalah zat resin yang dihasilkan oleh lebah dari bahan dasar yang diambil dari pucuk tumbuhan. Zat ini kaya akan kandungan flavonoid yang sangat baik sebagai antioksidan, sehingga kerap dimanfaatkan untuk mengatasi beberapa masalah kesehatan. Selain itu, komposisi propolis juga dapat bervariasi tergantung tempat tinggal lebah dan tumbuhan yang bisa ditemuinya. Propolis dari Indonesia dapat berbeda dengan yang ada di Eropa.

Propolis disebut juga memiliki banyak khasiat terkait penyembuhan, seperti antimikroba, antijamur, antivirus, antiinflamasi, hingga antitumor. Obat ini kerap diolah menjadi suplemen atau bahkan menjadi produk yang dioleskan langsung ke kulit. Selain itu, propolis juga terkadang ditemukan pada semprotan hidung dan tenggorokan, bahkan obat kumur.

Namun, apa sih beberapa manfaat propolis yang wajib semua orang ketahui? Nah, berikut beberapa di antaranya:

1. Penyembuhan Luka

Salah satu manfaat dari propolis adalah mampu membantu penyembuhan luka pada tubuh. Disebutkan jika ada lebih dari 300 senyawa pada propolis dan kebanyakan dalam bentuk polifenol. Kandungan ini adalah antioksidan yang mampu melawan penyakit dan kerusakan pada tubuh.

2. Mengobati Herpes pada Area Kelamin

Manfaat propolis lainnya adalah mampu mengatasi herpes yang terjadi pada area kelamin. Disebutkan jika propolis yang diolah menjadi salep mengandung flavonoid yang mampu mengurangi rasa sakit dan mempercepat penyembuhan luka akibat herpes.

BACA JUGA:Pakar Kesehatan: Kasus Omicron Taiwan Hanya “Hidangan Pembuka” Jelang Imlek

3. Perawatan Luka Bakar

Propolis sebagai obat untuk merawat luka bakar. Sebuah penelitian dilakukan dengan membandingkan propolis dengan krim yang mengandung silver sulfadiazine, obat yang digunakan untuk atasi luka bakar tingkat dua dan tiga.

4. Gangguan Gastrointestinal

Propolis juga bermanfaat dalam membantu mengatasi gangguan gastrointestinal, seperti kolitis ulserativa, kanker gastrointestinal, hingga maag. Segala kandungan yang terdapat pada propolis sangat efektif untuk mengatasi patogen, termasuk juga bakteri H pylori.

Nah, itulah beberapa manfaat propolis terhadap kesehatan tubuh. Jika kamu mengalami salah satu masalah yang disebutkan, diharapkan dapat teratasi dengan menggunakan propolis. Kamu juga dapat mencegah beberapa penyakit sebelum terjadi dengan rutin mengonsumsi propolis. Maka dari itu, ada baiknya mengonsumsi obat ini secara rutin setiap hari. (len)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: