Pemberdayaan UMKM untuk Memperkuat Stabilitas Ekonomi Daerah

Pemberdayaan UMKM untuk Memperkuat Stabilitas Ekonomi Daerah

SEMARANG, Radarcirebon.com - Salah satu komitmen pemerintah adalah pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia.

UMKM salah satu faktor yang memegang peranan penting pertumbuhan ekonomi di masa pandemi Covid-19.

UMKM memegang peranan penting terhadap PDB dengan kontribusinya yang mencapai 61% dan mampu menyerap tenaga kerja sebanyak 97% dari total penyerapan tenaga kerja nasional.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyempatkan diri untuk mengunjungi kegiatan UMKM di Desa Mangkang Kulon, Kecamatan Tugu, Kota Semarang, Minggu (30/01).

Baca juga:

Sembari berkeliling mengunjungi booth usaha mikro, Menko Airlangga juga melakukan dialog langsung dan berdiskusi dengan para pelaku UMKM yang didominasi oleh ibu-ibu rumah tangga.

“Pemerintah telah menyiapkan beberapa program agar usaha-usaha Ibu dapat terbantu di masa pandemi. Selain itu, dengan minyak goreng seharga Rp14.000,00 ke bawah, dapat membantu para pelaku UMKM,” ujar Menko Airlangga.

Dalam kunjungan tersebut, sedikitnya terdapat 20 UMKM yang turut berpartisipasi, antara lain Melati nata De Coco, Pecel Bu Gendul, Mooicraf, Mecca Jewellery, Warung Bu Kayah, serta berbagai usaha mikro lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: