Hari Ini, 96 Tahun Lalu, Sekelompok Ulama Mendirikan NU di Surabaya

Hari Ini, 96 Tahun Lalu, Sekelompok Ulama Mendirikan NU di Surabaya

Digawangi oleh KH Abdul Wahab, sebelumnya para kiai pesantren telah mendirikan organisasi pergerakan Nahdlatul Wathon atau Kebangkitan Tanah Air pada 1916 serta Nahdlatut Tujjar atau Kebangkitan Saudagar pada 1918.

Kepengurusan Nahdlatul Ulama dibedakan menjadi dua, yakni Syuriah (setara legislatif) dan Tanfidziyah (setara eksekutif), jabatan tertinggi Syuriah disebut Rais\' Aam, sedangkan jabatan tertinggi Tanfidziyah disebut Ketua Umum.

Rais \'Aam adalah jabatan tertinggi Syuriah yang tugas-tugasnya dibantu oleh Wakil, Katib, dan A\'wan. Jabatan Rais \'Aam pertama kali adalah Hadratussyaikh Hasyim Asy\'ari dengan sebutan Rais Akbar sebab beliau sebagai pendiri sekaligus pimpinan tertinggi pertama kali di dalam Nahdlatul Ulama. Saat ini pejabat Rais \'Aam masa khidmat 2022-2027 adalah KH. Miftachul Akhyar.

Ketua Umum adalah jabatan tertinggi Tanfidziyah selaku pelaksana yang didampingi oleh Wakil, Sekretaris Jenderal, dan Bendahara. Jabatan Ketua Umum pertama kali adalah KH Hasan Gipo. Saat ini pejabat Ketua Umum masa khidmat 2022-2027 adalah KH Yahya Cholil Staquf.(ing)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: