AS Bantu Lawan Houthi Kirim Jet Tempur Canggih ke UEA

AS Bantu Lawan Houthi Kirim Jet Tempur Canggih ke UEA

AMERIKA Serikat (AS) akan mengirimkan jet tempur untuk membantu Uni Emirat Arab (UEA) menghadapi serangan dari gerakan Houthi di Yaman.

Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin mengatakan rencana tersebut kepada Putra Mahkota Abu Dhabi Mohammed bin Zayed Al Nahyan lewat panggilan telepon pada Selasa (1/2).

Austin mengatakan Washington akan mengirim kapal perusak peluru kendali USS Cole untuk bekerja sama dengan Angkatan Laut UEA.

\"Menteri juga memberi tahu Putra Mahkota tentang keputusannya untuk mengerahkan pesawat tempur generasi ke-5 untuk membantu UEA melawan ancaman saat ini, dan sebagai sinyal yang jelas bahwa AS mendukung UEA sebagai mitra strategis jangka panjang,” kata Departemen Pertahanan, seperti dikutip Reuters.

BACA JUGA:

·  Sejarah Prabu Siliwangi, saat Muda Jadi Raja di Sindangkasih Majalengka

·  Daftar Pemain Timnas Indonesia untuk Piala AFF U-23, Persebaya Langsung Dikurangi

Austin menegaskan, AS akan terus memberikan informasi intelijen sebagai peringatan dini, serta berkolaborasi untuk pertahanan udara dengan UEA.

Pada Senin (31/1), UEA melaporkan telah mencegat serangan rudal Houthi. Itu terjadi selama kunjungan presiden Israel, dan serangan ketiga dalam dua pekan terakhir.

Serangan terhadap UEA merupakan eskalasi dalam perang Yaman, di mana Houthi telah berulang kali meluncurkan rudal dan pesawat tak berawak ke Arab Saudi.

Koalisi melakukan intervensi di Yaman pada Maret 2015 setelah Houthi menggulingkan pemerintah dari ibu kota, Sanaa.(rmol)

BACA JUGA:

·  Semalam Hingga Dinihari Tadi, Indonesia Diguncang 3 Kali Gempa Bumi, Jawa Barat Terbanyak

·  Geger Admin Nahdlatul Ulama Bakal Dipolisikan PBNU

·  Dorce Gamalama Apresiasi Buya Yahya, Begini Isi Ceramah saat Waria Meninggal Dunia dan Perlakuan Jenazahnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: