Pendaftaran KIP Kuliah 2022 Dibuka, Ini Syaratnya…

Pendaftaran KIP Kuliah 2022 Dibuka, Ini Syaratnya…

KEMENTERIAN Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) telah resmi membuka pendaftaran Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah Merdeka 2022. Pendaftaran akun siswa KIP-Kuliah ini dibuka pada 2 Februari hingga 31 Oktober 2022.

KIP Kuliah ini merupakan bantuan biaya pendidikan dari pemerintah untuk lulusan SMA/sederajat dengan potensi akademik yang baik, namun terkendala ekonomi. Dengan KIP Kuliah Merdeka ini, calon mahasiswa penerima akan mendapatkan pembebasan biaya pendaftaran seleksi masuk perguruan tinggi, bebas biaya kuliah dan biaya hidup.

Calon mahasiswa dapat mendaftar KIP Kuliah dengan masuk jalur SNMPTN, SBMPTN, SMPN, UMPN serta jalur ujian mandiri di PTN dan PTS. Biaya hidup mahasiswa penerima terbagi dalam 5 kategori yang disesuaikan berdasarkan indeks harga daerah.

Sub Koordinator KIP Kuliah, Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik) Kemendikbudristek pun mengatakan bahwa para mahasiswa tidak perlu khawatir akan biaya hidup ketika berkuliah nanti.

BACA JUGA:

·  Sekda Kota Cirebon: Kantin Sekolah Tidak Boleh Buka, Tapi…

·  Keangkeran Balai Kota Cirebon Bikin Merinding, dari Suara Perempuan Menangis hingga Penampakan Noni Belanda

“Sudah diperhitungkan berdasarkan indeks harga atau kemahalan di masing-masing kabupaten/kota. Jadi jangan khawatir kuliah di kota besar karena biaya hidup sudah dibagi per klaster,” ungkap dia secara daring, Kamis (3/2).

Untuk biaya hidup klaster 1 sebesar Rp 800 ribu per bulan, lalu pada klaster 2 sebesar Rp 950 ribu per bulan dan klaster 3 sebanyaj Rp 1,1 juta per bulan. Kemudian pada klaster 4 sebesar Rp 1,25 juta per bulan dan klaster 5 sebanyak Rp 1,4 juta per bulan.

Adapun, Koordinator Pokja Beasiswa Pendidikan Tinggi, I Wayan Loster menuturkan bahwa biaya pendidikan KIP Kuliah akan disesuaikan dengan akreditasi prodi para penerima. Pada akreditasi A, maksimal mendapat bantuan pendidikan Rp 12 juta per semester, akreditasi B maksimal Rp 4 juta per semester dan akreditasi C maksimal Rp 2,4 juta per semester.

Berita berlanjut di halaman berikutnya:

BACA JUGA:

·  Gempa Bumi Guncang Laut di Sekitar Pulau Nias bagian Selatan

·  Prakiraan Cuaca Berbasis Dampak Hujan Lebat Hari Ini, Cirebon, Kuningan dan Majalengka Waspada

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: