Asrama Haji Mulai 10 Februari, Seribu Bed untuk Karantina Jamaah Umrah

Asrama Haji  Mulai 10 Februari, Seribu Bed  untuk Karantina Jamaah Umrah

KABID Umrah Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (AMPHURI) Zaky Zakaria Anshary mengatakan, pemanfaatan asrama haji untuk karantina dimulai dengan Asrama Haji Jakarta pada 10 Februari. ’’Asrama Haji Bekasi ditetapkan selanjutnya,’’ kata Zaky Zakaria Anshary, Minggu (6/2).

Hasil rapat antara pemerintah dengan asosiasi travel umrah, diputuskan jadwal pemanfaatan kamar asrama haji untuk karantina kepulangan jamaah umrah. Rencananya penggunaan asrama haji untuk karantina dimulai 10 Februari.

Total ada 600 bed di Asrama Haji Jakarta dan 400 bed di Asrama Haji Bekasi. Dibukanya asrama haji sebagai alternatif karantina kepulangan haji disambut baik sejumlah asosiasi travel umrah.

Zaky menuturkan, bagi sebagian jamaah, khususnya rombongan kelas bintang lima, tentu lebih memilih karantina di hotel. Tetapi dalam praktiknya mayoritas travel serta jamaah, berharap bisa karantina di asrama haji.

BACA JUGA:

·  Sosok Panglima Jilah, Keturunan Bangsawan Dayak, Pemimpin Pasukan Merah Punya Ilmu Kebal

·  Raja Terakhir Pajajaran, Putra Prabu Siliwangi dari Nyi Kentring Manik

Di antara pertimbangannya adalah lokasi dan udaranya alami. Apalagi untuk asrama haji Jakarta lokasinya rimbun banyak pepohonan.

Zaky mengatakan, jamaah lebih cocok menu makanan di asrama haji. ’’K ami berharap ada kelonggaran karantina di asrama haji untuk aktivitas berjemur dan olahraga ringan,’’ jelas Zaky Zakaria Anshary.

Berbeda dengan karantina di hotel, apalagi yang berbintang lima, lanjut dia, banyak kamar yang tidak memiliki jendela terbuka. Kondisi ini sering menjadi masalah yang diadukan jamaah. Diharapkan karantina kepulangan jamaah umrah diperbolehkan model bubble. jamaah diperbolehkan keluar kamar, yang penting masih di dalam area hotel. Tidak seperti sekarang, jamaah hanya diperbolehkan di dalam kamar hotel saja.

Berita berlanjut di halaman berikutnya:

BACA JUGA:

·  Pencuri Ngaku Asal Cirebon Kena Prank di Tangerang, Ada yang Kenal?

·  Kumpulan XTC di Prujakan Dibubarkan Polisi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: