Prabu Siliwangi Berasal dari Tempat Ini, saat Muda Memimpin Sindangkasih

Prabu Siliwangi Berasal dari Tempat Ini, saat Muda Memimpin Sindangkasih

Radarcirebon.com - Asal usul Prabu Siliwangi diceritakan dalam beberapa versi. Namun salah satunya menyebut Sri Baduga Maharaja berasal dari Kawali, atau Galuh.

Prabu Siliwangi berasal dari Kerajaan Galuh atau sekarang Kabupaten Ciamis, dan disebutkan putra dari Prabu Dewa Niskala.

Sri Baduga Maharaja atau dalam naskah Carita Purwaka Caruban Nagari (CPCN) disebut Raden Pamanah Rasa disebutkan berasal dari Kawali dan merupakan cucu dari Prabu Niskala Wastukencana.

Prabu Siliwangi yang dikenal juga dengan nama Sri Jayadewata lahir pada 1401. Dalam Naskah Sanghyang Siksa Kandang Karesian yang ditulis pada 1518 menyebutkan, menjelang dewasa Prabu Siliwangi sudah bertakhta.

Baca juga:

Dia diberi jabatan oleh kakeknya Prabu Niskala Wastukencana yang pada saat itu masih menjadi pemimpin di kerajaan Sunda Galuh yang berpusat di Kawali.

Jabatan yang diberikan adalah sebagai raja daerah dengan nama Jayadewata di daerah Sindangkasih, sekarang masuk wilayah Kabupaten Majalengka.

Setelahnya, Prabu Siliwangi dinobatkan menjadi Raja Kerjaan Sunda. Salah satu yang fenomenal adalah memindahkan ibu kota kerjaan dari Galuh ke Pakuan Pajajaran. Yang kemudian dianggap menjadi sukses besar Raja Sunda.

Berita berlanjut di halaman berikutnya...

Baca juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: