Prabu Siliwangi Beragama Islam saat Menikahi Nyi Subang Larang

Prabu Siliwangi Beragama Islam saat Menikahi Nyi Subang Larang

Radarcirebon.com - Prabu Siliwangi beragama Islam saat menikahi Nyi Subang Larang. Dia menjadi mualaf di hadapan Syekh Quro.

Indikasi Prabu Siliwangi beragama Islam tidak lepas dari berkembangnya syiar di wilayah Jawa Barat, oleh para ulama dari Campa hingga Arab.

Tidak hanya itu, Prabu Siliwangi dianggap seorang muslim karena memiliki keturunan yang beragama Islam. Terutama dari Nyi Subang Larang.

Pemangku adat Sunda di Palataran Pakujajar Sipatuhan Bogor, Bambang “Ciras” Sudarsono mengungkapkan, Prabu Siliwangi memang seorang muslim.

Baca juga:

Bahkan Sri Baduga Maharaja telah menjadi mualaf sebelum era Wali Songo. Pasalnya, dia diislamkan oleh Syekh Quro, saat hendak menikahi Nyi Subang Larang yang merupakan seorang santri.

“Kami ingin meluruskan mitos atau opini yang berkembang di masyarakat secara turun temurun, bahwa Prabu Siliwangi penganut Hindu. Prabu Siliwangi adalah seorang Muslim,\" katanya.

Dia menegaskan, Pajajaran juga bukan kerajaan Hindu, melainkan kerajaan yang secara turun temurun mewariskan nilai Sunda Wiwitan atau Jati Sunda.

Berita berlanjut di halaman berikutnya...

Baca juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: