3 Manfaat Konsumsi Buah Bit Sebelum Berolahraga

3 Manfaat Konsumsi Buah Bit Sebelum Berolahraga

DALAM satu buah bit, terkandung banyak nutrisi penting, seperti kalium, folat, vitamin C, serat, magnesium, protein, nitrat, hingga antioksidan. Berdasarkan kandungan tersebut, berikut adalah beberapa manfaat konsumsi buah bit sebelum berolahraga, antara lain:

1. Meningkatkan Performa Otak

Berdasarkan sebuah penelitian yang dipublikasikan pada Journals of Gerontology: Series A berjudul Beet Root Juice: An Ergogenic Aid for Exercise and the Aging Brain, salah satu manfaat buah bit adalah meningkatkan performa otak. Penelitian tersebut dilakukan dengan melibatkan 26 peserta berusia 55 tahun ke atas yang diminta untuk berolahraga 50 menit di treadmill tiga kali per minggu, selama enam minggu.

Satu jam sebelum sesi treadmill dimulai, setengah partisipan mengonsumsi suplemen jus bit yang mengandung 560 miligram nitrat. Sementara itu, partisipan sisanya mengonsumsi plasebo rendah nitrat.

Setelah enam minggu, para partisipan yang mengonsumsi suplemen jus bit sebelum berolahraga menunjukkan peningkatan kinerja korteks somatomotor pada otak mereka, dibandingkan mereka yang hanya mengonsumsi plasebo. Perlu diketahui kalau korteks somatomotor merupakan bagian otak yang membantu mengontrol gerakan dan koordinasi tubuh.

BACA JUGA:

·  Pasien Covid-19 yang Bergejala Ringan, Sekda Kota Cirebon: Isoman Dirumah Saja

·  Hotline Layanan Telemedisin Gratis bagi Pasien Covid-19

2. Meningkatkan Performa Atletik

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, buah bit merupakan sumber antioksidan yang tinggi. Contohnya seperti vitamin C, karotenoid, asam fenolik, dan flavonoid, bersama dengan nitrat. Nitrat adalah bahan kimia yang terjadi secara alami dalam makanan tertentu dan diubah menjadi oksida nitrat saat dikonsumsi.

Maka dari itu, mengonsumsi jus bit sebelum berolahraga dapat meningkatkan kadar oksida nitrat pada tubuh. Perlu diketahui bahwa oksida nitrat dapat meningkatkan aliran darah, meningkatkan fungsi paru-paru, dan memperkuat kontraksi otot. Maka, itulah alasan mengapa mengonsumsi buah bit dengan cara direbus atau dibuat jus sebelum berolahraga dapat meningkatkan performa atletik.

3. Meningkatkan Kekuatan Otot

Tak hanya dapat meningkatkan performa atletik, rutin mengonsumsi buah bit sebelum berolahraga juga dikabarkan dapat membantu meningkatkan kekuatan otot. Hal ini juga didukung oleh sebuah penelitian dari Washington University School of Medicine, Amerika Serikat.

Berita berlanjut di halaman berikutnya:

BACA JUGA:

·  Pemkab Cirebon Distribusikan 10ribu Liter Minyak Goreng Bersubsidi

·  Kebijakan Prabu Siliwangi yang Ditiru Jokowi, Pindah Ibu Kota, Jalan Tol dan Bendungan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: