Kemenkominfo: Infrastruktur untuk Matikan TV Analog Sudah Siap

Kemenkominfo: Infrastruktur untuk Matikan TV Analog Sudah Siap

Radarcirebon.com-Peralihan TV Analog ke TV Digital tinggal mengitung hari, (Kemenkominfo) mengumumkan proses Analog Switch Off atau ASO tahap satu siap dilaksanakan pada 30 April mendatang.

Menkominfo Johnny G.Plate, Plt. Direktur Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika (PPI) Kemkominfo, Ismail, menyatakan bahwa ASO kali ini sudah benar-benar siap lantaran infrastruktur untuk menunjang hal tersebut sudah matang, Jumat (25/2).

Dia melanjutkan, infrastruktur multipleksing dan siaran TV digital sudah tersedia di 56 wilayah layanan siaran yang mencakup 166 kabupaten dan kota untuk implemetnasi ASO tahap pertama.

Selain itu, pemerintah juga telah menyediakan Set Top Box (STB) untuk Rumah Tangga Miskin (RTM).

BACA JUGA:

Ismail menambahkan, baik LPP TVRI dan Lembaga Penyiaran Swasta (LPS) juga terus menggenjot optimalisasi jaringan agar seluruh masyarakat dapat merasakan manfaat dari siaran TV digital.

Adapun implemenstasi ASO ini dilakukan sebagaimana amanat UU No. 11 Tahun 2022 tentang Cipta Kerja.

Seperti sudah diwartakan sebelumnya, untuk melancarkan proses ASO yang juga menjadi program besar Kemenkominfo ini, pemerintah juga telah membantu penyediaan perangkat Set Top Box (STB) gratis bagi masyarakat kurang mampu agar dapat menerima siaran TV digital dengan TV lama mereka.

Berita berlanjut di halaman berikutnya:

BACA JUGA:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: