Mitigasi Inflasi Tahun 2022, Pemerintah dan Bank Indonesia Perkuat Koordinasi dan Sinergi Kebijakan

Mitigasi Inflasi Tahun 2022, Pemerintah dan Bank Indonesia Perkuat Koordinasi dan Sinergi Kebijakan

JAKARTA - Inflasi Indonesia tahun 2021 terkendali pada level yang rendah dan stabil yaitu sebesar 1,87 persen (yoy).

Capaian tersebut merupakan hasil solidnya koordinasi dan sinergi antara Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, dan Bank Indonesia dalam menjaga kestabilan harga.

“Jika dibandingkan dengan beberapa negara lain yang mengalami peningkatan inflasi, capaian inflasi Indonesia tergolong cukup terkendali dan patut kita syukuri, di tengah tingginya tekanan baik sisi supply maupun demand akibat pandemi Covid-19,” tutur Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto ketika memimpin High Level Meeting Tim Pengendalian Inflasi Pusat (HLM TPIP) yang diselenggarakan secara virtual pada hari Rabu 9 Maret 2022.

Baca juga: Ajak Pemuda Muhammadiyah, Menko Airlangga Kasih Tau Caranya Jadi Pengusaha

Dalam kesempatan tersebut, Pemerintah dan Bank Indonesia menyepakati lima langkah strategis untuk memperkuat pengendalian inflasi.

Langkah strategis tersebut ditujukan untuk tetap konsisten menjaga inflasi dalam kisaran sasaran 3,0 persen ± 1 persen pada 2022 guna mengakselerasi pemulihan ekonomi nasional dengan memitigasi risiko inflasi ke depan yang mulai meningkat. Langkah-langkah strategis tersebut mencakup.

Pertama, memperkuat koordinasi kebijakan untuk menjaga stabilitas makroekonomi dan mendorong momentum pemulihan ekonomi nasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: