Vaksinasi Booster di Kota Cirebon Kurang Antusias, Beda dengan Dosis 1 dan 2

Vaksinasi Booster di Kota Cirebon Kurang Antusias, Beda dengan Dosis 1 dan 2

Radarcirebon.com - KEPALA Dinas Kesehatan Kota Cirebon dr Edy Sugirato MKes mengatakan pelaksanaan mudik diizinkan dengan syarat bagi masyarakat yang sudah mendapatkan vaksinasi dosis tiga.

Untuk itu, pihaknya akan terus mengejar pelaksanaan vaksinasi dalam beberapa waktu mendatang.

\"Kita kejar minggu ini. Kita tiap hari vaksinasi. Tapi memang dari target 4.500 dosis cuma tercapai 1.000 dosis.\"

\"Orangnya tidak segegap gempita pelaksanaan vaksinasi dosis 1 dan dosis 2 kemarin. Karena sudah menganggap seperti biasa,\" tuturnya.

Untuk itu, kata Edy, diharapkan kepada RT-RW, Lurah hingga Camat bisa bergerak aktif ke masyarakat untuk melakukan edukasi dan sosisalisasi bahkan pelaksanaan vaksinasi dengan didukung puskesmas dan polsek setempat agar bisa mencapai target.

\"Ini bukan saja kerjaan dinkes yang melakukan. Tapi masyarakat melalui RT-RW juga harus bergerak. Kalau dinkes saja tidak bisa. Semangat seperti dosis 1 itu harus dimunculkan, seperti dahulu. Harus semua elemen yang bahu membahu,\" tegasnya.

Edy juga mengingatkan, pandemi Covid-19 masih ada dan terus berlangsung. Bahkan, angka kesakitan juga masih berlangsung. Sehingga, dapat diartikan ancaman tersebut masih ada.

Sehingga, kehati-hatian dan prokes maksimal serta ditambah vaksinasi semaksimal mungkin harus dilakukan.

\"Jauh lebih aman divaksin daripada tidak divaksin. Kita terus vaksinasi, any time, any where. Kalau di ilmu epidemiolog, selama positif rate di atas 5 persen dan BOR di atas 5/10 persen itu belum aman. Untuk itu, kita juga harus menjaga agar tidak melonjak lagi,\" katanya. (jrl)

BACA JUGA:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: