Ini Perbedaan Kolase, Montase dan Mozaik

Ini Perbedaan Kolase, Montase dan Mozaik

Radarcirebon.com - Ketiga jenis seni rupa ini memang menghasilkan karya yang cantik. Tak heran, teknik pembuatannya sering diaplikasikan untuk menjadi dekorasi rumah, seperti lukisan, dekorasi dinding maupun dekorasi meja.

Meski cara membuat ketiganya mudah, tetapi Anda tetap perlu mengetahui perbedaannya, seperti dilansir dari Ruppers berikut ini:

  1. Kolase
    Kolase adalah teknik karya seni tempel yang menggunakan berbagai macam bahan dasar berbeda. Seperti menempelkan kertas, plastik, maupun kain pada satu permukaan pola sehingga membentuk sebuah karya seni yang unik.
  2. Montase
    Montase adalah potongan-potongan gambar yang kemudian ditempelkan pada satu bidang sama sehingga membentuk makna baru.

Pengertian Montase berbeda dengan Kolase. Jika kolase menggunakan bahan dasar yang belum diolah sama sekali, sedangkan montase justru menggunakan bahan dari potongan gambar yang sudah ada.

  1. Mozaik
    Mozaik adalah karya seni tempel yang menggunakan bahan dasar sama.
    Biasanya terbuat dari keramik, pecahan kaca, kulit telur, kepingan daun, kepingan batu, kepingan kayu, dan bahan lainnya. Namun, bahan-bahan tersebut harus memiliki ukuran yang sama.

Itu dia perbedaan karya seni kolase, montase, dan mosaik. Meski teknik membuatnya berbeda, tetapi hasil karya ini bisa mempercantik ruangan di rumah. Anda pun bisa membuatnya sendiri karena teknik ketiga seni tersebut terbilang cukup mudah.(len)

BACA JUGA:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: