Tukar Uang: Rp5 Ribu dan Rp10 Ribu Paling Diminati

Tukar Uang: Rp5 Ribu dan Rp10 Ribu Paling Diminati

Radarcirebon.com - PENUKARAN uang baru jelang Hari Raya Idul Fitri diserbu warga Kota Cirebon. Hal ini terlihat dari jumlah penukar yang terjadi hingga saat ini.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Cirebon Hestu Wibowo mengatakan, pelayanan penukaran bersama telah dilakukan di beberapa titik. Adapun yang telah dilakukan selama dua hari di Grage Mall Cirebon beberapa hari lalu, telah terjadi penukaran sebanyak Rp2.525.800.000 dengan total penukar yang datang ke lokasi adalah 1.114.

Hari pertama terjadi transaksi Rp1.201.000.000 dan hari kedua Rp1.324.700.000. \"Hingga saat ini, pecahan Rp10.000 dan Rp5.000 jadi favorit,\" tuturnya, kemarin.

Adapun teknis penukaran uang baru tahun ini, masyarakat harus melakukan pendaftaran dan pemesanan penukaran uang melalui aplikasi PintarBI. Untuk menukarkan uang, masyarakat perlu mendaftarkan diri di website https://pintar.bi.go.id, dengan mengisi data diri dan memilih waktu, juga lokasi penukaran.

BACA JUGA:

Pendaftaran melalui aplikasi PintarBI dibatasi 100 pendaftar setiap hari. Adapun batas nominal penukaran setiap orang maksimal Rp3,7 juta. \"Pendaftaran penukaran secara online ini dilakukan guna meminimalisir adanya kerumunan. Hal ini sesuai dengan anjuran protokol kesehatan yang berlaku selama masa pandemi,\" tuturnya.

Untuk memenuhi kebutuhan uang baru masyarakat selama Ramadan dan Idul Fitri, KPw BI Cirebon telah menyiapkan Rp3,7 triliun uang baru. Jumlah tersebut menurun dari tahun sebelumnya. Di mana, KPw BI Cirebon menyiapkan Rp4,8 triliun uang baru di tahun sebelumnya. Penukaran juga bisa dilakukan di berbagai Kantor Cabang Perbankan di Ciayumajakuning. (apr)

BACA JUGA:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: