Rektor ITK Singgung Manusia Gurun, Sebut sebagai Sikap Pribadi

Rektor ITK Singgung Manusia Gurun, Sebut sebagai Sikap Pribadi

Radarcirebon.com, BALIKPAPAN - Rektor ITK, Budi Santosa Purwokartiko menyebut hijab penutup kepala manusia gurun. Unggahan itu, ada di Facebook miliknya.

Tulisan Rektor Institut Teknologi Kalimantan (ITK) itu, sontak membuat heboh. Lantaran bernada rasis, terutama pada kalimat manusia gurun.

Meski tak menyebut hijab atau jilbab, tetapi tulisan Rektor ITK cukup spesifik dengan menyebut penutup kepala manusia gurun.

Dalam klarifikasinya, Budi Santosa menyatakan bahwa apa yang ditulisnya adalah pernyataan pribadi. Tidak mewakili institusi pendidikan.

Baca juga:

Kendati demikian, Budi menyebut, tulisannya banyak yang memotong. Kemudian dibubuhi narasi dan deskripsi tertentu. Bahkan sengaja menggaris bawahi tulisan penutup kepala manusia gurun.

\"Ya itu, konsekuensi dari bahasa tulisan saya ya. Mungkin persepsinya akan berbeda-beda. Namun banyak yang memotong, maksudnya men-screenshot kemudian di kasih pengantar seakan-akan saya tidak adil, diskriminatif,\" kata Budi.

Kendati demikian, dia menjamin dirinya tidak menilai seseorang dari pakai kerudung atau tidak. Juga tidak bertindak diskriminatif terkait dengan penutup kepala.

Berita berlanjut di halaman berikutnya...

Baca juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: