Silsilah Banten dan Cirebon, Keturunan dari Sunan Gunung Jati

Silsilah Banten dan Cirebon, Keturunan dari Sunan Gunung Jati

Radarcirebon.com - Silsilah Banten dan Cirebon ibarat ayah dan anak. Pertalian saudara ini, terkait erat dengan Sunan Gunung Jati atau Syekh Syarief Hidayatullah.

Silsilah antara Banten dan Cirebon memiliki keterkaitan erat, karena sosok Sunan Gunung Jati yang ketika itu menempatkan putranya untuk bertakhta.

Persaudaraan sedarah Banten dan Cirebon, karena dimulai dari silsilah Sunan Gunung Jati kepada Maulana Hasanuddin sultan pertama.

Sunan Gunung Jati yang memulai syiar dan pendirian kawasan permukiman hingga Benteng, kanjeng sinuhun tidak bertakhta melainkan menempatkan putranya.

Baca juga:

Kedatangan Sunan Gunung Jati di wilayah Banten berselang satu tahun setelah Prabu Siliwangi Sri Baduga Maharaja wafat pada 41, Desember 1521.

Di masa itu pula, Kerajaan Sunda atau Pajajaran masih memiliki pengaruh yang sangat kuat di bawah kepemimpinan Prabu Surawisesa yang melanjutkan takhta ayahnya.

Kesultanan Cirebon dan Kerajaan Sunda sebenarnya masih memiliki pertalian darah. Sebab, Sunan Gunung Jati merupakan cucu dari Sri Baduga Maharaja dari jalur Nyi Subang Larang.

Berita berlanjut di Halaman Berikutnya...

Baca juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: