Jurnalistik SMANDA Eksis Hingga Angkatan Ke-22

Jurnalistik SMANDA Eksis Hingga Angkatan Ke-22

Radarcirebon.com - JURNALISTIK adalah pengumpulan bahan berita (peliputan), pelaporan peristiwa (reporting), penulisan berita (writing), penyuntingan naskah berita (editing), dan penyajian atau penyebarluasan berita (publishing/broadcasting) melalui media. Ingin mencari kesibukan yang bermanfaat, sembari menanamkan kemampuan dasar jurnalistik? Temukan salah satu komunitasnya di SMAN 2 Cirebon!

Komunitas jurnalistik yang ada di SMAN 2 Kota Cirebon ini diketuai oleh Gysca Allycia. “Nama saya Gysca Allycia biasa dipanggil Gege atau bisa juga Gysca,” perkenalan dari ketua Jurnalistik SMANDA. Sejak awal dibuatnya Jurnalistik SMANDA hingga saat ini telah bertahan sampai angkatan ke-22 dan angkatan Gege memiliki anggota sebanyak 115 orang. Di dalamnya terbagi menjadi tiga divisi, antara lain divisi podcast, potret, dan juga penulisan.

Seperti komunitas pada wajarnya, Jurnalistik SMANDA memiliki kegiatan bulanan membuat podcast yang diunggah di kanal YouTube jurnal dan Spotify OSIS SMAN 2. ”Untuk program kerja bulanan dari divisi podcast kita ada Podcast SMANDA Cirebon Bicara dengan skala satu bulan sekali di unggah di channel YouTube jurnal. kita juga ada program kerja sama dengan pihak Osis yaitu SMANDA Appreciation Box ini sama seperti podcast, tapi hanya dalam bentuk audio yang kita unggah di spotify OSIS SMAN 2,” ujarnya.

Selain itu, kegiatan lainnya dalam divisi potret ada Street Hunting selama dua bulan sekali. Lalu dalam divisi yang terakhir, kegiatan penulisan yaitu piket di setiap event yang diselenggarakan oleh sekolah kemudian meliput dan juga membuat artikel seputar event tersebut. Dan ada juga kegiatan rutin membuat mading digital yang diposting di akun divisinya.

BACA JUGA:

“Ada juga proker rutin kami yaitu membuat mading digital yang dinamakan Journey di instagram dan membuat sajak yang di-posting di akun divisi yaitu katajurnal_,” ungkap Gege.

Walaupun dalam keadaan pandemi seperti saat ini, mereka tak mengenal kata menyerah dan terus berinovasi membuat komunitas tetap berjalan semestinya. Memang untuk pertemuannya diadakan dua minggu sekali karena peraturan dari sekolah, tapi setiap divisi dalam Jurnalistik SMANDA tetap melaksanakan proker yang telah ditetapkan dan melakukan koordinasi antaranggota. Karena Gege sendiri mempunyai tujuan yang dicapai dalam Jurnalistik SMANDA.

“Tujuannya yang pasti untuk mengasah minat bakat siswa-siswi SMANDA dalam kejurnalistikan, karena banyak yang bisa kita ambil dari kejurnalistikan baik di bidang fotografi maupun sastranya itu sendiri,” tutur Gege.

Berita berlanjut di halaman berikutnya....

BACA JUGA:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: