Kotak Suara Pemilu 2024 Menggunakan Kardus

Kotak Suara Pemilu 2024 Menggunakan Kardus

CIREBON - Menjelang pelaksanaan Pemilu 2024 yang akan dilaksanakan pada 14 Februari tahun tersebut, persiapan pelaksanaan terus dimatangkan, termasuk mulai membicarakan mengenai logistik dan hal teknis.

Di tingkat pusat, Ketua KPU RI, Hasyim Asy\'ari mulai membahas mengenai soal logistik yang akan digunakan pada Pemilu 2024, termasui soal kotak suara, yang kemungkinan akan kembali menggunakan kotak suara berbahan kardus seperti yang digunakan pada Pemilu 2019 lalu.

Ketua KPU Kota Cirebon, DR Didi Nursidi SH MH belum berani memastikan bahwa Pemilu 2024 nanti akan kembali menggunakan kotak suara berbahan dasar kardus.

Adapun bahwa hal tersebut sudah disampaikan oleh ketua KPU RI, menurutnya itu menjadi salahsatu opsi, karena untuk persoalan logistik, mana yang akan digunakan dan apa bahannya, itu akan ditetapkan melalui Peraturan KPU secara resmi.

BACA JUGA:

\"Opsi saja sepertinya, setelah disimulasikan, dari seluruh model yang disimulasikan, kotal suara kardus ini yang paling visible, efisien dan transparan,\" ungkap Didi.

Dinilai visible, lanjut Didi, karena kotak suara kardus lebih sederhana, baik dari perakitan maupun pendistribusian, meskipun dalam penyimpanan harus sedikit diperlakukan spesial karena tidak tahan air.

Kemudian dari sisi efisiensi, jelas kotak suara kardus ini lebih efisien dari sisi anggaran karena lebih murah dibanding kotak suara aluminium, belum lagi, kotak suara kardus lebih mudah dalam hal penghapusan asetnya setelah digunakan.

Berita berlanjut dihalaman berikutnya....

BACA JUGA:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: