Minyak Goreng Kemasan dan Curah Masih Mahal

Minyak Goreng Kemasan dan Curah Masih Mahal

Radarcirebon,com - MINYAK goreng (migor) curah maupun kemasan di sejumlah lokasi yang ada di Kota Cirebon, masih menunjukkan harga yang cukup tinggi. Meskipun, pasokan sudah mulai membanjiri pasar. Padahal, pemerintah sudah melakukan berbagai kebijakan, termasuk pelarangan ekspor CPO beserta turunannya mulai akhir April 2022 lalu.

Berdasarkan pengamatan Radar Cirebon di sejumlah lokasi  seperti Pasar Kanoman dan Pasar Jagasatru, harga minyak goreng curah berkisar di Rp17.000-18.000 per kilogram. Hal itu lantaran harga dari pengulak yang masih mahal juga. Sehingga, menyebabkan harga migor curah juga masih mahal.

\"Rata-rata sekarang itu mereka masih jual Rp18.000 per kilogramnya. Kadang pedagang juga mengeluh, ada pembeli yang nanya kok mahal banget harganya. Cuma akhirnya tetap dibeli, karena mereka butuh. Soalnya yang botolan mencapai Rp24.000 per liternya,\" ujar Sugandi, Kepala Pasar Jagasatru saat ditemui Kamis (19/5) lalu.

Pemantauan Radar Cirebon di beberapa tempat pengeceran migor curah, sudah tidak terjadi kepadatan yang signifikan. Seperti di kawasan Jalan Drajat, Kecamatan Kesambi dan Jalan Kesambi Raya, Kecamatan Kesambi. Tidak terjadi penumpukan yang berarti.

BACA JUGA:

Bahkan masyarakat dan pedagang bisa membeli minyak goreng tanpa perlu mengantre. \"Sudah gak mengantre. Di sini kita harganya stabil karena kita menerima pasokan dari pusat sesuai HET,\" ujar salah satu pengawai distributor migor curah di Drajat.

Sementara itu, hal senada juga terjadi pada minyak goreng kemasan. Di mana harga migor kemasan sudah menembus Rp21.000 per liternya, dan Rp45.000 per dua liternya.

Namun, memang stok melimpah sekali. Bahkan counter migor di beberapa swalayan sepi karena migor mudah didapatkan. Seperti di Asia Toserba, harga minyak goreng termurah didominasi Rp23.000-Rp27.000 per satu liter dan Rp47.000-Rp50.000 untuk per dua liter. Adapun merek termurah yang ditawarkan adalah Sedaap dan termahal adalah Sunco.

Berita berlanjut di halamanan berikutnya...

BACA JUGA:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: