Soal Banjir Rob, BMKG Minta Warga Tetap Waspada

Soal Banjir Rob, BMKG Minta Warga Tetap Waspada

Radarcirebon.com, TEGAL - Ratusan rumah di empat Kelurahan Kota Tegal terendam banjir akibat naiknya permukaan air laut (rob) pada Senin, 23 Mei 2022 malam.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut potensi terjadinya rob masih bisa terjadi sehingga masyarakat tetap waspada.

Berdasarkan data yang diunggah BPBD Kota Tegal, banjir rob di antaranya merendam Kelurahan Mintaragen dan Panggung Kecamatan Tegal Timur serta Kelurahan Tegalsari Kecamatan Tegal Barat. Ketinggian air rob bervariasi antara 15-30 centimeter.

Meski saat ini air sudah mulai surut, BMKG meminta masyarakat untuk tetap waspada. Menurutnya, potensi terjadinya rob masih bisa terjadi lagi.

Baca juga: Banjir Rob di Cirebon, BMKG Jelaskan Penyebabnya, Salah Satunya Jarak Terdekat Bumi ke Bulan

Kepala BMKG Tegal, Kaharudin mengatakan ketinggian air rob di sejumlah wilayah di Kota Tegal hampir sama. Itu, tergantung ketinggian bibir pantai di masing-masing lokasi.

Menurut Kaharudin, potensi rob masih bisa terjadi hingga 25 Mei 2022. Dijelaskannya, kondisi gelombang tinggi akan memperparah banjir rob.

\"Potensi rob masih terjadi sampai 25 Mei 2022, dengan kondisi gelombang tinggi akan memperparah banjir rob,\" kata Kaharudin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: