Silsilah Leluhur Prabu Siliwangi, Ada Kerajaan Galuh dan Perang Bubat

Silsilah Leluhur Prabu Siliwangi, Ada Kerajaan Galuh dan Perang Bubat

Radarcirebon.com - Silsilah leluhur Prabu Siliwangi terkait dengan Kerajaan Galuh, di Kawali, Kabupaten Ciamis. Kakeknya, adalah Niskala Wastukencana.

Silsilah leluhur Prabu Siliwangi yang dibahas dalam artikel ini, dimulai dari Niskala Wastukencana yang ketika itu, membagi kerajaan menjadi dua.

Dari pembagian dua, untuk putera mahkota agar keduanya dapat bertakhta. Namun, bila ditarik lebih jauh lagi, silsilah ini masih terkait dengan Prabu Wangi dan Aki Kolot.

Prabu Raga Mulya Luhur Prabawa adalah leluhur dari Prabu Siliwangi dalam silsilah Kerajaan Galuh. Yang berputra Prabu Lingga Buana.

Baca juga:

Dalam kisahnya, Prabu Lingga Buana bertakhta pada tahun 1350 sampai dengan 1357. Masa kekuasaan yang singkat ini, karena terjadinya Perang Bubat.

Berdasarkan catatan sejarah, Prabu Lingga Buana atau Prabu Wangi gugur dalam perang tersebut. Kekuasaannya digantikan oleh Prabu Bunisora Suradipati yang menjabat sementara mulai 1357 sampai dengan 1371.

Takhta Kerajaan kemudian diteruskan Prabu Niskala Wastukencana. Yang membagi dua kerajaan yakni untuk Dewa Niskala sebagai Raja Galuh dan Susuk Tunggal sebagai Raja Sunda.

Berlanjut di halaman berikutnya...

Baca juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: