Kolaborasi Pengabdian Kepada Masyarakat Antara FPS UGJ dengan Universitas Sampoerna

Kolaborasi Pengabdian Kepada Masyarakat Antara FPS UGJ dengan Universitas Sampoerna

CIREBON- Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ) Cirebon melalui Fakultas Pendidikan dan Sains (FPS) terus melakukan kolaborasi, kali ini dalam pengabdian kepada masyarakat, FPS UGJ berkolaborasi dengan Universitas Sampoerna serta Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Inggris SMA Kota Cirebon.

Wakil Dekan II DR Anggita Maharani MPd menjelaskan, Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Pendidikan dan Sains (FPS) UGJ bekerjasama dengan Universitas Sampoerna dan MGMP Bahasa Inggris SMA Kota Cirebon mengadakan workshop penelitian tindakan kelas (classroom action research) untuk para guru Bahasa Inggris  SMA Kota Cirebon. Workshop penelitian tindakan kelas ini, kata Anggita, mengambil tema “Classroom Research Action For Teachers Of English In Cirebon”.

Selama Acara berlangsung, masih kata Anggita, digelar secara luring dan daring selama 3 hari mulai tanggal 25-27 Mei 2022 dimulai pukul 08.00 – 16.00 WIB. Pada hari pertama, menurut Anggita, acara dilaksanakan secara luring bertempat di Fakultas Pendidikan dan Sains (FPS), Kampus II UGJ, Jl. Perjuangan No.1 Cirebon.

Hadir tiga orang pemateri dari Sampoerna University, yaitu Dr. Soepriyatna, Dr. Vera Syamsi, serta Dr. I Wayan Eka Budiartha. Pihaknya menjelaskan, Tujuan Workshop ini untuk memberikan pemahaman mengenai tahapan dan prosedur PTK (Penelitian Tindakan Kelas) hingga mempraktikannya dalam kelompok.

BACA JUGA:

Pihaknya mengapresiasi Acara dibuka oleh Kepala KCD Wilayah X Ambar Tri Widodo, S.Pd. yang diwakilkan oleh Kasi Pelayanan, Rudianto, M.Pd. Dan dihadiri perwakilan dari Sampoerna University Dr. Soepriyatna, Drs. M.Pd., Dekan FPS Dr.H. Endang Herawan, M.M. yang diwakilkan oleh Wakil Dekan II Dr. Anggita Maharani, M.Pd serta Koordinator Pengawas MGMP Bahasa Inggris: H. Asep Suhendi, S.Pd., M.Pd.

Anggita membeberkan, Acara di hari pertama ditutup dengan kegiatan group work & and group presentation. Hari kedua, 26 Mei 2022, acara dilaksanakan secara daring yang diisi dengan penugasan mandiri mengenai classroom action research and project-based assignment dengan koordinator dari pihak UGJ dan MGMP. Pada hari ketiga, 27 Mei 2022, kegiatan dilanjutkan secara daring berupa refleksi PTK dalam pembelajaran.

\"Focus Group Discussion (FGD) dan Sharing Session via zoom meeting dengan pemateri Drs. Kusnan Syaifudin, M.Pd (Pengawas SMK dan Penilai PAK),\" bebernya. Acara ini, lanjut Anggita, diikuti oleh hampir seluruh guru-guru bahasa Inggris SMA di bawah naungan MGMP Bahasa Inggris se-kota Cirebon tersebut berjalan dengan lancar dan sukses. (abd)

BACA JUGA:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: