Hadapi Idul Adha, Kebutuhan Hewan Kurban Sehat di Jawa Barat Sudah Siap

Hadapi Idul Adha, Kebutuhan Hewan Kurban Sehat di Jawa Barat Sudah Siap

Radarcirebon.com, BANDUNG - Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Jawa Barat telah menyiapkan hewan ternak untuk memenuhi kebutuhan Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah mendatang.

Meski saat ini banyak hewan ternak terkena virus Penyakit Mulut & Kuku (PMK), hal tersebut bukan menjadi halangan Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Jawa Barat.

Hal tersebut dikemukakan Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Jawa Barat Mohamad Arifin Soedjayana di Bandung, Minggu (29/5/2022) lalu.

Arifin mengaku, pihaknya sudah melakukan pertemuan dengan para peternak hewan sapi dan domba, untuk mengetahui stok dan kesehatan hewan yang akan disiapkan untuk kurban.

Baca juga: Hewan Ternak dari Daerah Wabah PMK Dilarang Masuk Kota Cirebon

“Kalau kesiapan, kita sudah bertemu teman-teman peternak yang mereka sudah punya stok untuk persiapan kurban, jangan sampai stok yang sudah ada ini pun juga terpapar,” kata Arifin.

“Hitungan kita sudah ada 30 ribuan, dalam jangka waktu dekat mungkin sebenarnya sekarang dalam perjalanan dari NTT, NTB dan Bali menuju Tanjung Priok sebelum masuk Jawa Barat.”

“Kita yakin aman karena Balai Karantinanya ada di Tanjung Priok, jadi kebutuhan untuk 70 ribu mudah-mudahan  itu bisa tercapai,” imbuhnya.

Berdasarkan data dari DKPP Provinsi Jawa Barat 80 persen kebutuhan sapi potong di Jawa Barat berasal dari  luar provinsi seperti dari Jatim, Jateng , Bali, NTT dan NTB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: