TPK Kota Cirebon Harus Terdepan Lakukan Pendampingan Keluarga

TPK Kota Cirebon Harus Terdepan Lakukan Pendampingan Keluarga

CIREBON-Hadirnya tim pendamping keluarga (TPK) harus bisa mengedukasi masyarakat khususnya keluarga dalam mencegah stunting di Kota Cirebon. hal ini mengemuka saat pembikaan Orientasi Tim Pendamping Keluarga (TPK) yang digelar Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3APPKB) Kota Cirebon 27 Mei-10 Juni 2022 di Hotel Zamrud.

Ketua Harian TPPS (Tim Percepatan Penurunan Stunting) Kota Cirebon, Drs H Agus Mulyadi MSi pada Pembukaan Orientasi Tim Pendamping Keluarga (TPK) mengatakan, Orientasi Pendamping Keluarga sebagai bagian dari program kerja TPPS Kota Cirebon dalam melaksanakan 8 aksi Konvergensi Percepatan Punurunan Stunting khusus nya terkait dengan

Aksi 5 Memastikan tersedianya dan berfungsinya kader yang membantu pemerintah desa/kelurahan dalam pelaksanaan intervensi gizi terintegrasi di tingkat desa/kelurahan Serta Aksi 6 Meningkatkan sistem pengelolaan data stunting dan cakupan intervensi di tingkat kabupaten/kota.

Kegiatan ini, lanjut Gus Mul, menjadi tahapan yang strategis karena langsung bersentuhan dengan masalah pokok penyebab stunting di lapangan.

BACA JUGA:

Pria yang juga menjabat sebagai Sekda ini menerangkan, Pendampingan keluarga Berisiko stunting dan calon pengantin atau calon Pasangan Usia Subur membutuhkan data sasaran by name by address, tujuannya agar dapat mendampingi sasaran dengan dengan tepat dan memastikan bahwa seluruh sasaran terdampingi.

Oleh karena itu, Tim Pendamping Keluarga harus memiliki basis data by name by address untuk setiap kelompok sasaran yang akurat, valid dan mutakhir/terbarukan dengan secara periodik melakukan pemutakhiran, verifikasi dan validasi data yang sudah dikumpulkan dari Pendataan Keluarga 2021.

Sehubungan dengan hal tersebut, maka perlu diperlukan pembekalan berupa Orientasi Tim Pendamping Keluarga (TPK) sehingga dapat mendukung dalam proses Penapisan dan Pendampingan Keluarga yang berisiko stunting.

Berita berlanjut di halaman berikutnya...

BACA JUGA:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: