Calon Haji Kuningan Jalani Tes Kesehatan Terakhir

Calon Haji Kuningan Jalani Tes Kesehatan Terakhir

Radarcirebon.com, KUNINGAN - Sepekan menjelang pemberangkatan ke Haramain, ratusan calon jamaah haji asal Kabupaten Kuningan menjalani pemeriksaan kesehatan terakhir, kemarin.

Bertempat di Aula Kuningan Islamic Center (KIC) Jalan Ir Soekarno, para calon jamaah haji tersebut menjalani pemeriksaan kesehatan mulai dari tensi darah, tes swab hingga penyuntikan vaksin influenza oleh tenaga kesehatan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kuningan.

\"Alhamdulillah, seluruh calon jamaah dinyatakan tidak ada yang positif Covid-19. Selanjutnya kami mengimbau kepada para calon jamaah untuk selalu menjaga kesehatan sehingga pada saat pemberangkatan tidak ada lagi kendala,\" ujar Kepala Bidang P2P Dinkes Kuningan dr Denny Mustafa yang mengawasi kegiatan pemeriksaan kesehatan calon haji kepada Radar Kuningan, kemarin.

Denny mengatakan, kegiatan pemeriksaan kesehatan tersebut untuk memastikan para calon jamaah haji tersebut dalam kondisi sehat dan tidak terpapar Covid-19. Pasalnya, kata dia, ini menjadi persyaratan wajib dari pemerintah Arab Saudi yang harus dipenuhi oleh setiap negara yang memberangkatkan jamaah haji.

BACA JUGA:

\"Ini menjadi salah satu syarat wajib dari Pemerintah Arab Saudi, seluruh calon haji harus bebas Covid-19. Termasuk mewajibkan vaksinasi tahap 1 dan 2. Alhamdulillah dari Kabupaten Kuningan seluruhnya bahkan sudah melakukan vaksinasi booster,\" ujar Denny.

Sementara itu, Kepala Kemenag Kabupaten Kuningan Mujayin mengatakan, jumlah calon jamaah haji asal Kabupaten Kuningan tahun ini sebanyak 457 orang. Terbagi dalam dua kelompok terbang (kloter), sebanyak 404 orang tergabung dalam kloter 9 akan berangkat pada tanggal 9 Juni dan sisanya sebanyak 52 orang berangkat tanggal 30 Juni tergabung dalam kloter 42.

\"Hari ini para calon jamaah menjalani pemeriksaan kesehatan sekaligus bimbingan manasik haji terakhir, kemarin. Selanjutnya, para calon jamaah menunggu di rumah masing-masing, jaga kesehatan dan perbanyak hafalan doa hingga pemberangkatan pada tanggal 9 Juni dan tanggal 30 Juni mendatang. Insya Allah kloter pertama akan diberangkatkan dari Terminal Kertawangunan jam 1 dini hari dilepas langsung oleh Pak Bupati, sedangkan kloter kedua siang hari dari Pendopo Kabupaten,\" ungkap Mujayin. (fik)

BACA JUGA:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: