Pengurus LBH Elang Suropati New Kuningan Dilantik, Dinahkodai Mantan Camat Mandirancan

Pengurus LBH Elang Suropati New Kuningan Dilantik, Dinahkodai Mantan Camat Mandirancan

Radarcirebon.com, KUNINGAN- Pengurus Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Elang Suropati New Kabupaten Kuningan secara resmi dilantik Ketua Umum Dr Walim SH MH di Pendopo Kecamatan Mandirancan, Sabtu (4/6). Didapuk sebagai Ketua DPC LBH Suropati New Kabupaten Kuningan adalah mantan Camat Mandirancan Dr Tata Kurnia SH MSi.

Hadir dalam pelantikan itu, Bupati Kuningan yang diwakilkan Asda 1 H Nurohim MSi, Camat Mandirancan Sri Waluya Suparman MPd, Ketua LBH Suropati Jabar Abdul Gani SH dan sejumlah tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Ketua Umum LBH Suropati Dr Walim SH MH mengatakan, kehadiran LBH Elang Suropati New adalah dalam rangka ibadah karena akan memberikan pendampingan dan advokasi hukum kepada masyarakat kurang mampu tanpa dipungut biaya.

\"Kehadiran LBH Elang Suropati ini bertujuan untuk melakukan pendampingan dan memberikan advokasi kepada warga fakir miskin untuk bisa mendapatkan hak-hak konstitusinya, kita hadir untuk menegakkan itu,\" ujar Walim.

Lebih lanjut, dikatakan Wakil Dekan III Fakultas Hukum Untag Ini, dalam menyelesaikan sengketa, LBH Elang Suropati akan menempuh dua jalur yakni jalur litigasi dan nonlitigasi.

BACA JUGA:

\"Kami sudah menyiapkan advokat jika sengketa hingga berujung ke pengadilan. Dan kami juga sudah menyiapkan paralegal untuk melakukan pendampingan bagi warga kurang mampu yang memiliki kasus hukum sebelum mendapat lawyer,\" tuturnya.

Walim berhadap, kehadiran LBH Elang Suropati bisa memberikan edukasi hukum dan membantu warga kurang mampu yang bermasalah sehingga terciptanya restoratif justice.

Di tempat yang sama, Bupati Kuningan yang diwakilkan Asda 1 H Nurohim MSi mengatakan, tugas memberikan perlindungan dan pendidikan hukum terutama bagi rakyat yang kurang mampu secara ekonomi bukan hanya tanggung jawab pemerintah. Tapi, juga memerlukan partisipasi masyarakat, terutama praktisi hukum yang tergabung dalam lembaga bantuan hukum.
Untuk itu, lanjut Nurohim, LBH Elang Suropati menjadi organisasi praktisi hukum terdepan dalam membela hak-hak hukum masyarakat terutama kalangan tidak mampu dengan tidak memungut biaya. \"Bersama kepengurusan baru ini, semoga segala bentuk yang berkaitan dengan masalah hukum dapat segera diselesaikan secara tuntas dan terciptanya keadilan bagi semua pihak,\" ujar Nurohim.
Sementara itu, Ketua DPC LBH Elang Suropati Kabupaten Kuningan, Dr Tata Kurnia SH MSi mengatakan, siap untuk mengemban amanah sebaik-baiknya dalam memberikan pelayanan bantuan hukum bagi warga kurang mampu dalam mencari keadilan hukum.
\"Semoga LBH ini menjadi perekat persatuan. Dan bagi saya sendiri, keterlibatan di LBH ini merupakan salah satu bagian dari Tri Darma Perguruan Tinggi yakni melakukan pengabdian pada masyarakat,\" pungkas Tata yang juga dosen di Fakultas Hukum Untag Cirebon ini. (Sud)

BACA JUGA:

-Uu Ruzhanul Sholat Ghaib untuk Eril di Kabupaten Bogor

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: