Bambang Dorong Penerapan Nilai Luhur Pancasila

Bambang Dorong Penerapan Nilai Luhur Pancasila

CIREBON-Nilai-nilai luhur dalam butir-butir  Pancasila harus menjadi identitas dan jati diri masyarakat Indonesia. Pasalnya, dalam butir-butir Pancasila terkandung banyak nilai-nilai luhur dan falsafah hidup mulia.

Hal tersebut disampaikan Anggota DPRD Jawa Barat, Bambang Mujiarto ST saat ditemui Radar Cirebon, kemarin, di sela-sela kegiatan sosialisasi empat pilar kebangsaan di Kabupaten Cirebon.

Menurut Bambang, nilai-nilai luhur yang terkandung dalam pandangan hidup bangsa Indonesia adalah nilai ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan, dan keadilan.

Nilai-nilai yang terkandung dalam sila-sila dalam butir-butir Pancasila tersebut, kata Bambang, berasal dari budaya masyarakat bangsa Indonesia sendiri yang sangat relevan dan sesuai dengan kondisi masyarakat Indonesia yang beragam.

BACA JUGA:

“Pancasila harus menjadi landasan hidup yang isinya harus menjadi identitas bangsa, Pancasila sangat sesuai dengan kondisi masyarakat Indonesia,” ujar Bambang.

Menurut anggota DPRD dari Fraksi PDIP ini , aplikasi dari nilai luhur Pancasila tersebut harus diterapkan oleh setiap masyarakat dalam kehidupan sehari-hari, dimana Pancasila menjadi petunjuk hidup dalam mewujudkan kesejahteraan, keharmonisan dan berbagai kondisi positif lainnya sehingga makna dari butir-butir Pancasila tersebut bisa benar-benar teraplikasikan sebagai acuan maupun pondasi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara dengan baik.

“Semangat ini harus kita tularkan sehingga nantinya bisa mempererat, memelihara, dan mengukuhkan persatuan dan kesatuan. Fungsi Pancasila ini penting bagi Indonesia karena Pancasila tidak hanya ide atau perenungan satu orang saja, melainkan dirumuskan melalui kesepakatan anak bangsa untuk seluruh bangsa Indonesia,” imbuhnya.

Berita berlanjut di halaman berikutnya...

BACA JUGA:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: