Resmikan Pusat Persemaian Nasional, Jokowi: Kita Tanam Bibit di Lahan Kritis

Resmikan Pusat Persemaian Nasional, Jokowi: Kita Tanam Bibit di Lahan Kritis

Radarcirebon.com, BOGOR - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Pusat Persemaian Modern (Nursery Center) di Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor, Jawa Barat pada Jumat 10 Juni 2022. 

Menurut Jokowi, pembangunan pusat persemaian merupakan bentuk komitmen dan aksi konkret Indonesia dalam menangani perubahan iklim dan perbaikan atau rehabilitasi lingkungan.

Ditargetkan sebanyak 30 pusat persemaian dapat dibangun dalam waktu 3 tahun ke depan dengan jumlah produksi masing-masing 12 juta bibit per tahun.

Baca juga: Perintah Jokowi, Kemenlu Harus Lakukan Ini untuk Kepulangan Jenazah Eril

“Kalau kita memiliki 30 pusat persemaian, setahun dapat menghasilkan kira-kira 360 juta bibit. Kita tanam bibit-bibit ini di lahan kritis, di kabupaten atau provinsi yang sering longsor, di daerah aliran sungai terutama di hulunya.”

“Ini sudah konkret dan sudah kita mulai seperti di Ciliwung, dan sudah dikirimkan ke berbagai kabupaten dan kota yang banyak lahan krisis,” kata Jokowi, dikutip dari keterangan tertulisnya, Jumat 10 Juni 2022.

Pusat Persemaian Moden Rumpin merupakan hasil kerja sama antara Kementerian PUPR, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), dan APRIL GROUP.

Kementerian PUPR berperan memberikan dukungan melalui penyediaan prasarana air baku untuk memenuhi kebutuhan air bagi bibit-bibit pohon dengan skala besar yang direncanakan untuk program rehabilitasi lahan kritis dan penghijauan daerah aliran sungai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: