Asal Usul Rumah Makan Padang, Bukti Tertulis Ada di Cirebon, Dulu Jual Anggur

Asal Usul Rumah Makan Padang, Bukti Tertulis Ada di Cirebon, Dulu Jual Anggur

Radarcirebon.com, CIREBON - Asal usul Rumah Makan Padang memang belum diketahui. Ada sejumlah versi, termasuk bukti penting dari Kota Cirebon.

Asal usul Rumah Makan Padang memang belum diketahui secara pasti. Namun, masakan khas Minangkabau itu, sudah menyebar di Nusantara sejak zaman kolonial.

Bahkan pada tahun 1937, sebuah restoran di Cirebon memasang iklan di surat kabar. Hal ini menjadi bukti penting asal usul Rumah Makan Padang.

Rumah Makan Padang yang memasang iklan itu bernama Goncang Lidah. Milik H Ismael Naim, di Jalan Pasuketan Nomor 23, Kota Cirebon.

Baca juga:

Iklan itu, terpasang di Surat Kabar Pemandangan, terbitan Batavia. Adanya arsip itu, diungkap oleh Suryadi Sunuri, dosen dan peneliti dari Universitas Leiden, Belanda.

Dapat disimpulkan bahwa di tahun 1930-an, rumah makan Padang sudah tersebar di berbagai penjuru Nusantara. Termasuk Kota Cirebon.

Karenanya, arsip iklan itu menjadi bukti penting. Sekaligus paling empirik untuk menjelaskan asal usul Rumah Makan Padang. Yang di zaman itu, ditulis dengan nama Padangsch Restaurant.

Berlanjut di halaman berikutnya...

Baca juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: