Apa Itu Ramsay Hunt Syndrome?

Apa Itu Ramsay Hunt Syndrome?

Radarcirebon.com, CIREBON - BELUM lama ini beredar soal penyakit ramsay hunt syndrome atau disebut juga herpes zoster oticus yang diderita oleh penyanyi Justin Bieber sehingga harus menghentikan konsernya di beberapa kota di Amerika Serikat.

Seperti diketahui herpes zoster oticus ini merupakan reaktivasi virus penyebab cacar air yang mengenai saraf wajah sesisi. Akibatnya muncul keluhan gangguan pendengaran dan kelumpuhan.

Gejala gangguan ini terkadang disalahartikan sebagai stroke ataupun bell\'s palsy. Penyakit Sindrom Ramsay Hunt dapat diobati secara efektif, tetapi pada sejumlah orang mungkin mengalami kelemahan otot wajah dan gangguan pendengaran yang bersifat permanen. 

Tanda dan gejala

Masing-masing pasien dapat mengalami gejala sindrom Ramsay Hunt yang bervariasi. Namun, ada dua gejala utama dan gejala tambahan lainnya. 

BACA JUGA:

Gejala utama dari Ramsay Hunt Syndrome ada 2, yaitu:

  • Kelumpuhan (palsy) atau kelemahan saraf wajah pada sisi telinga yang terinfeksi. 
  • Ruam merah yang terasa menyakitkan, berisi cairan pada bagian dalam atau di sekitar telinga yang terinfeksi. 

Kedua gejala ini biasanya terjadi bersamaan dan hanya terjadi pada satu sisi wajah saja (unilateral). Terkadang salah satu gejala muncul terlebih dahulu. Tak sedikit juga orang yang terinfeksi tidak mengalami ruam. 

Berita berlanjut di halaman berikutnya...

BACA JUGA:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: