Enam Juta Sepeda Motor Listrik Bakal Disebar Pemerintah ke Pelosok Tanah Air

Enam Juta Sepeda Motor Listrik Bakal Disebar Pemerintah ke Pelosok Tanah Air

Radarcirebon.com, JAKARTA - Pemerintah menargetkan enam juta unit sepeda motor listrik tersebar di berbagai daerah dalam kurun tiga tahun ke depan hingga 2025.

Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM Ego Syahrial mengatakan pemerintah melibatkan beragam pemangku kepentingan untuk mencapai target tersebut.

Di antaranya mengikutsertakan perusahaan-perusahaan pelat merah dalam program konversi dan pengembangan infrastruktur yang dapat menunjang ekosistem kendaraan listrik di Indonesia.

Baca juga: Inilah Tantangan Pelaksanaan Perpres 55 Tahun 2019 Tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai

\"Implementasi program ini akan mampu menghemat BBM sekitar 13 juta barel per tahun atau senilai Rp16 triliun per tahun, penurunan emisi karbon dioksida sebesar 4 juta ton per tahun, dan peningkatan konsumsi listrik sebesar 2,4 terawatt jam per tahun,\" ujarnya di sela-sela sidang kedua Kelompok Kerja Energi Transisi (ETWG) Presidensi G20 Indonesia yang dikutip di Jakarta, Jumat (24/6/2022).

Kementerian ESDM hari ini menandatangani nota kesepahaman dengan PLN dan Pertamina untuk program konversi sepeda motor listrik.

Kemudian, nota kesepahaman juga ditandatangani antara PLN dengan Bank Mandiri, BRI, BNI, dan BTN untuk kredit kepemilikan kendaraan listrik sekaligus pengembangan infrastruktur stasiun pengisian kendaraan listrik umum.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: