Jenis Makanan yang Bisa Meredakan Stres dan Kecemasan

Jenis Makanan yang Bisa Meredakan Stres dan Kecemasan

Radarcirebon.com, JAKARTA -Saat stres dan kecemasan datang menghadang, tak sedikit yang memutuskan untuk berlari pada makanan tertentu dengan kandungan gula, lemak, atau garam yang tinggi.

Namun di sisi lain, makanan yang tinggi gula, lemak, atau garam juga dapat meningkatkan kadar gula darah serta efek samping lainnya.

Padahal masih ada makanan lainnya yang bisa membuat redakan stres dan kecemasan tersebut.

Makanan itu, akan meredakan kecemasan dan stres dalam waktu singkat.

BACA JUGA:

Berikut ini jenis makanan yang bisa meredakan kecemasan dan stres antara lain:

1 Sayuran Hijau
Makanan yang dianggap pada kondisi mentak seseorang adalah sayuran hujau. Menurut Academy of Nutrition and Dietetics, Heather Mangieri, sayuran hijau seperti bayam dan yang lainnya mengandung folat yang dapat menghasilkan dopamin.

\"Itu akan merangsang kesenangan, dan membantu Anda agar tetap tenang,\" ujar Heather dikutip Health, Sabtu (25/6/2022).

Bahkan, sebuah studi yang dipublikasikan dalam Journal of Affective Disorders pada 2.800 partisipan paruh baya dan lanjut usia menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi makanan dengan kandungan folat paling banyak memiliki risiko gejala depresi yang lebih rendah.

Studi lain dari University of Otago di Selandia Baru menemukan bahwa mahasiswa cenderung merasa lebih tenang, lebih bahagia, dan lebih energik pada hari-hari mereka makan lebih banyak buah dan sayuran.

Meskipun sulit untuk menentukan mana yang lebih dulu harus diutamakan, pikiran yang optimis atau makanan sehat. Namun para ahli mempercayai bahwa makanan sehat memang mampu berkontribusi pada suasana hati seseorang.

Berita berlanjut di halaman berikutnya...

BACA JUGA:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: