Depresi, Salah Satu Gangguan Kesehatan Mental

Depresi, Salah Satu Gangguan Kesehatan Mental

Radarcirebon.com, CIREBON - PERNAHKAH Anda merasa bersedih berkepanjangan, merasa sendiri, dan kehilangan minat untuk melakukan berbagai aktivitas yang biasanya dilakukan? Waspadai, bisa jadi ini tanda depresi. 

Depresi adalah gangguan mood, kondisi emosional berkepanjangan yang mewarnai proses berpikir, berperasaan dan berperilaku seseorang. Seseorang yang depresi memperlihatkan perasaan tidak berdaya dan kehilangan harapan, disertai perasaan sedih, kehilangan minat dan kegembiraan. 

Ciri-ciri dan gejala depresi

Ketika seseorang mengalami depresi, maka ini sangat mempengaruhi orang dengan cara yang berbeda, termasuk pikiran, tubuh, dan perilaku mereka. Depresi yang masih tahap ringan, sebagian besar orang tak merasakan gejalanya. Lalu, ketika semakin memuncak akan timbul gangguan suasana hati yang sulit dihindari.

Ada beberapa gejala depresi yang paling umum ditemukan antara lain:

  • Merasa sedih, murung, suasana hati kosong, putus asa, dan perasaan gelisah
  • Mudah kehilangan energi dan tenaga, perasaan letih, lemah, lesu, kelelahan.
  • Gangguan tidur (bisa berlebihan, bisa juga kurang dari lama tidur biasanya)
  • Kehilangan minat dan kegairahan terhadap berbagai aktivitas yang sebelumnya disukai
  • Merasa bersalah, pesimis, dan tidak berguna
  • Tidak mampu berkonsentrasi 
  • Muncul pikiran-pikiran untuk menyakiti diri sendiri hingga bunuh diri.

BACA JUGA:

Gejala depresi pada anak-anak adalah kehilangan minat bermain dan bergaul dengan teman-temannya sehingga mereka cenderung suka menyendiri. Depresi pada anak juga menyebabkan ia lebih mudah marah, menangis, dan menjadi rewel. 

Penyebab depresi

Gangguan suasana hati ini merupakan respons mental seseorang dalam menghadapi berbagai persoalan hidup. Biasanya, depresi akan muncul ketika semua masalah sudah menumpuk di otak tetapi tak tahu bagaimana cara mengatasinya. 

Sebenarnya, tidak ada penyebab utama dan tunggal mengapa seseorang bisa mengalami gangguan depresi. Namun, ada pencetus atau faktor yang membuat seseorang bisa mengalaminya.

Berita berlanjut di halaman berikutnya...

BACA JUGA:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: