Cegah Stunting Sejak Dalam Kandungan melalui Sosialisasi GERMAS

Cegah Stunting Sejak Dalam Kandungan melalui Sosialisasi GERMAS

Radarcirebon.com, CIREBON – Kader kesehatan di wilayah Cirebon dan sekitarnya mengikuti sosialisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di Gedung PCNU Kabupaten Cirebon, Sabtu (25/6). Bertajuk penurunan stunting dan Covid-19.

Hadir sebagai pemateri dari Komisi IX DPR RI Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Nihayatul Wafiroh yang diwakili Tenaga Ahli (TA) Komisi IX, dr Muhamad Makky Zamzami MARS dan perwakilan dari Kementerian Kesehatan dr Savaart Hutagalung MARS.

Germas dalam penurunan stunting dan Covid-19 sama-sama berkomitmen untuk mendukung percepatan penurunan dan pencegahan stunting. Selalu menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan pakai sabun setiap saat.

Tetap patuh protokol kesehatan, melengkapi vaksin Covid-19 dan menggunakan aplikasi PeduliLindungi. Terakhir, menjadi agen perubahan melalui penyebarluasan informasi kesehatan untuk melindungi keluarga dan masyarakat dari bahaya Covid-19.

Baca juga:

Dr Muhamad Makky Zamzami MARS tak menampik banyak sekali dampak yang dialami selama dua tahun pandemi Covid-19 melanda. Terutama dari sisi anggaran. Banyak terkena refocussing untuk penanganan corona. Yang imbasnya berpengaruh terhadap penanganan stunting.

\"Oleh karena itu saya memberitahu masyarakat bahwa tahun ini dan tahun-tahun ke depan kita bersyukur covid sudah melandai. Namun masalah kesehatan di depan mata kita masih banyak. Salah satunya stunting,\" ujar pria yang biasa dipanggil dr Makky itu, usai sosialisasi.

Karena itu, kata dr Makky, peranserta pemerintah daerah, provinsi maupun pusat sangat diharapkan. Termasuk kontribusi dari masyarakat itu sendiri. Banyak anggaran yang melibatkan masyarakat dalam melakukan edukasi dan sosialisasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: