Sesar Baribis Jakarta sampai Purwakarta, Naskah Roga Sangara Bumi Ungkap Pertanda Gempa

Sesar Baribis Jakarta sampai Purwakarta, Naskah Roga Sangara Bumi Ungkap Pertanda Gempa

Radarcirebon.com, JAKARTA - Sesar Baribis Jakarta Selatan dinyatakan sebagai sebuah patahan aktif menyimpan ancaman bagi wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya.

Sesar Baribis Jakarta di bagian selatan diketahui dalam kondisi aktif dengan pergeseran hingga 5 milimeter per tahun. Kondisi ini tentu mengancam wilayah tersebut dengan potensi gempa bumi.

Tidak main-main, ancaman gempa bumi akibat sesar baribis dan di selatan Jakarta tersebut memiliki potensi kekuatan hingga 7,5 Magnitudo.

Mengenai Sesar Baribis sendiri, merupakan sebuah jalur patahan yang membentang dari mulai Kabupaten Purwakarta sampai dengan wilayah perbukitan Baribis di Kabupaten Majalengka.

Baca juga:

Area sesar aktif ini, dapat memicu terjadinya gempa di wilayah selatan Jakarta. Kondisi sesar ini, juga termonitor oleh seismograf dari BMKG.

Aktivitas gempa yang terpantau di jalur sesar, meskipun dalam magnitudo kecil 2,3 – 3,1. Namun tetap harus diwaspadai dan dilakukan mitigasi.

Sementara itu, masyarakat di masa lalu juga sesungguhnya sudah mengenal peristiwa terkait kegempaan. Gempa tidak hanya dianggap sebagai sebuah bencana. Namun beragam pertanda lain.

Berlanjut di halaman berikutnya...

Baca juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: